Ibu Memegang Peranan Penting Bagi Pertumbuhan Anak

Share and Enjoy !

HWakil Ketua I TP PKK NTB, Hj. Syamsiah Amin tampak ikut melakukan penimbangan anak-anak peserta posyandu
MATARAM, LINTASNTB. Untuk melahirkan anak- anak yang sehat, cerdas dan berkualitas diawali dari keluarga khususnya peran aktif seorang Ibu. Sejak dalam kandungan ibu-ibu harus memperhatikan pemenuhan gizi dan asupan untuk anak dari umur kehamilan 0 sampai 1000 hari kelahiran dan berlanjut dari lahir hingga umur 5 tahun di masa transisi seorang anak.
 Hal ini ditegaskan Wakil Ketua I TP. PKK Provinsi NTB Hj. Syamsiah M. Amin saat hadir mewakili Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj. Erica Zainul Majdi dalam kegiatan Roadshow Pembinaan Kader PKK hari ketiga di Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram, Jumat (22/9/17).
Hj. Syamsiah selalu mengingatkan para orang tua untuk memperhatikan pola asuh dan pola makan yang sehat dan bergizi bagi anak-anak, termasuk kelengkapan imunisasi bagi bayi. 
”Untuk menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi tidak perlu mahal cukup sayur dan buah-buahan yang ada didekat kita dan ditanam di sekitar lingkungan rumah”, ajak Hj. Syamsiah.
Selain itu, Hj. Syamsiah menyampaikan bahaya peredaran narkoba yang saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, menyasar hingga kalangan anak anak sekolah dasar, serta dengan bentuk dan cara peredaran yang mudah dijangkau oleh anak-anak.
”Ibu-ibu harus lebih cerdas dan kritis dalam melihat perubahan pola tinglah laku anak, jika ada kebiasaan yang berbeda harus langsung cepat di cari tahu penyebabnya”, ujarnya memberikan peringatan.
Diawali dengan mengunjungi PAUD Holistik Integratif Dahlia Dusun Jejolok Desa Sembung Narmada Lobar, roadshow hari ketiga TP. PKK Prov. NTB disambut hangat oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat Hj. Khaeratun Fauzan Khalid beserta jajarannya, pengurus Kelompok Bina Keluarga Berencana, serta jajaran dan siswa/siswi PAUD Dahlia.
Dalam suasana yang penuh keakraban dan kasih sayang, kunjungan diisi dengan berdialog langsung bersama siswa/siswi PAUD. 
Sambil  menuntun anak-anak untuk berdoa dan menghafalkan surat-surat pendek Hj. Syamsiah memberikan nasehat sekaligus dorongan semangat bagi para guru PAUD dahlia dalam membagikan ilmunya.
”Anak-anak harus rajin sekolah untuk menggapai cita-cita dan menjaga kebersihan  antaralain dengan selalu mencuci tangan sebelum makan”, ujarnya. 
Disamping itu, kepada ibu-ibu yang mengantar anak-anaknya Hj. Syamsiah berpesan untuk memperhatikan gizi anak-anak serta mengatur jarak kehamilan agar terbina keluarga sehat yang berkualitas.
Roadshow dilanjutkan dengan meninjau lokasi hatinya PKK di kelompok wanita tani (KWT) Kenanga desa Dasan Tereng. 
Dikesempatan itu Hj. Syamsiah menyampaikan penghargaannya atas keberhasilan KWT Kenanga yang telah berhasil menjalankan salah satu program PKK yaitu tancap gas. ”Alhamdulillah berkat pendampingan dari dinas terkait dan kerja keras, ibu-ibu TP.PKK Kabupaten Lobar dan kader PKK di KWT Kenanga sudah berhasil mewujudkan salah satu program PKK. 
“Terlihat bibit cabe yang kita serahkan pada momen roadshow sebelumnya sudah tumbuh subur dan beberapa kali panen saat ini”, ujar Hj. Syamsiah.
Roadshow berlanjut dengan pertemuan silaturahmi dengan Kader PKK se-Kabupaten Lombok Barat di Pendopo Bupati. Ditempat yg sama sebelumnya juga dilakukan penyuluhan iva dan ceramah agama dari Pokja I Tp. PKK Provinsi NTB. Roadshow ini adalah bentuk perhatian dari PKK Provinsi kepada PKK di kab kota se NTB. 
”Momen ini menjadi majelis ilmu dan pembinaan secara berjenjang yang sangat berarti mendukung suksesnya 10 program PKK”, ujar Hj. Syamsiah.
Roadshow kembali dilanjutkan dengan pertemuan/silaturrahmi dengan kader PKK Kota Mataram di Pendopo Walikota Mataram yang disambut oleh Ketua TP. PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh dan Wakil Ketua I Tp. PKK Kota Mataram Noviani Danar Kinnastri.
”Saya berharap agar para kader yang hadir untuk terus meningkatkan semangat kerja dan komunikasi dalam menjalankan program kerja”, ujar Hj. Syamsiah dalam sambutannya.
Menyambut kedatangan TP.PKK Provinsi, Hj. Suryani menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan penghargaan dan penghormatan bagi  TP. PKK kota Mataram. (f3/hm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *