25 Puskesmas Di Loteng Belum Terakreditasi

Share and Enjoy !

Sekretaris Dikes Lombok Tengah

LOTENG.,LINTASNTB. Sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Semua Puskesmas yang ada di Indonesia ditarget sudah terakreditasi pada tahun 2019 mendatang. Sehingga Dinas Kesehatan di semua jenjang pemerintahan harus melakukan berbagai upaya agar seluruh puskesmas yang berada di wilayah masing-masing dapat terakreditasi.
“Dari 28 Puskesmas  di Lombok Tengah.Baru Tiga Puskesmas  yang  sudah  terakreditasi yakni,  Puskesmas  Praya,  Puyung, dan Janeperia, “ujar Sekretaris Dinas  Kesehatan  Lombok Tengah,  H Muawalli kepada  Wartawan,  Selasa (3/10).
Dijelaskan, untuk Puskesmas  yang belum terakreditasi sebanyak 25 itu  harus diupayakan  tuntas 2019. Sedangkan  untuk tahun 2017 ini baru lima puskesmas  yang di usulkan  untuk terakreditasi. Kelima Puskesmas  itu diantaranya Puskesmas Matang, Batu Nyale.  Peringarata,  Sekol, dan Puskesmas  Penujak. Sedangkan untuk tahun 2018 akan di upayakan  9 Puskesmas.  Dan sisanya di tahun 2019 akan diupayakan 9 Puskesmas  untuk  terakreditasi. 
“2019 itu semua Pusekmas sudah  terakreditasi,”tegasnya. 
Dikatakan, satus terakreditasi ini sangat penting.  Karena akan sangat berdampak pada perkembangan sebuah fasilitas kesehatan. Sebab, status terakreditasi adalah jaminan agar dapat melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah membuat kesepakatan dengan pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang mengatur . Puskesmas yang sudah terakeditasi saja yang akan dibayarkan klaim BPJS untuk layanan kesehatan.
” Puskesmas  yang belum terakteditasi tidak biaa dibayar dana kapitasi dan kelaim BPJS,”tegasnya. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *