TGB sebagai Inspektur Upacara HUT TNI KE-72

Share and Enjoy !

Gubernur NTB, DR. TGH. M. ZAINUL MAJDI Periksa Pasukan pada Upacara HUT TNI ke 72 Tahun 2017 di Mataram (Kamis, 5/10)
MATARAM,LINTASNTB. Upacara Peringatan HUT TNI Ke 72 dilaksanakan di lapangan Selaparang,  Mataram, Kamis (5/10). Bertindak selaku inspektur upacara Gubernur NTB, DR. TGH. M. Zainul Majdi.
Pada kesempatan tersebut Gubernur membacakan amanat Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantiyo yang intinya bahwa Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017,sesuai tema kegiatan HUT TNI ke 72, “Bersama Rakyat TNI Kuat”. 
“Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, tetap bergerak secara dinamis. Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia, “ungkapnya. 
Lebih lanjut TGB sapaan akrab Gubernur meneruskan bahwa kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut. 
 Dalam amanat Panglima TNI mengingatkan dan mengintruksikan beberapa hal yang harus dipedomani oleh setiap prajurit dan ANS TNI diantaranya
Pertama, Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam melaksanakan tugas, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Kedua,  Tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung  dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau bercerainya bangsa. Oleh karena itu tempatkan tugas diatas segala-galanya karena tugas adalah kehormatan, harga diri dan kebanggaan.
Ketiga, Junjung tinggi nilai dan semangt kebangsaan,  demi tetap tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa serta tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan  Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Keempat, Pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, taati hukum dan hormati hak asasi manusia.
Kelima, Bina soliditas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.
Keenam, Selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan dan lingkungan dimanapun berada.
“Lanjutkan hal-hal positif yang telah terbina selama ini, selalu berinovasi dan berkreasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mengantisipasi segala bentuk ancaman proxy war dan cyber war, yang menjadi ancaman nyata bangsa saat ini, ” ungkap panglima dalam amanatnya. 
Ketujuh, Laksanakan semua tugas dengan niat berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas hanya untuk negara kesatuan Republik Indonesia.
Acara HUT TNI ke 72 tersebut dirangkai dengan berbagai kegiatan atraksi dari satuan prajurit TNI, seperti Devile pasukan dan kendaraan milik TNI, tarian sasambo persembahan Lanal Mataram, atraksi bela diri boxer dari Brimob Polda NTB dan lainnya serta dilanjutkan dengan acara syukuran. 
Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur NTB, FORKOPINDA Prov. NTB, Kepala Perwakilan Kemhan NTB, Kasat Brimob Polda NTB, Kepala Staf Korem 162/WB, Kadis Ops Lanut Rembiga, Kadis Ops Lanal Mataram, Dandim Sepulau Lombok, Para Bupati Sepulau Lombok, Walikota Mataram, Ketua LVRI NTB. (f3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *