TMMD ke-100 KLU Hampir Rampung

Share and Enjoy !

Komandan Kodim 1606/Lobar, Letkol Inf.Ardiansyah
KLU,LINTASNTB. Kegiata TMMD (Tentara Membangun Masuk Desa) ke-100 yang dilaksanakan di kabupaten Lombok Utara sejak tanggal 27 September 2017 lalu hampir rampung. 
Komandan Kodim 1606/Lobar, Letkol Inf.Ardiansyah sebagai pelaksanan TMMD mengatakan membagi kegiatan menjadi dua salah satunya yakni kegiatan fisik, yang terdiri dari sasaran pokok dan sasaran tambahan. 
Dandim menjelaskan untuk sasaran pokok pengerjaannya dibiayai dari APBD kabupaten KLU sebesar 750 juta, dengan nilai proyek 1,5 miliar. Dengan demikian berarti dapat berhemat sekitar 40 persen. Sasaran pokok ini terdiri dari pembangunan jembatan dan pembukaan jalan. 
“Secara teori pengerjaannya harus selesai dalam waktu 3 bulan,”terang Dandim saat mendampingi Danrem dan Bupati meninjau lokasi kegiatan TMMD, di KLU,  Senin (9/10).
Sementara untuk sasaran tambahan Dandim mengatakan pengerjaannya bersifat swadaya tidak didanai pemerintah tetapi dengan itikad baik dan partisipasi masyarakat untuk membangun sasaran tambahan tersebut. 
Sasaran tambahan ini, lanjut Dandim terdiri dari pembangunan MCK, Masjid, Vihara dan Desa persiapan Menggale. Pengerjaan MCK sudah selesai sedangkan masjid hampir selesai yakni sekitar 90 persen sementara untuk Vihara dan kantor Desa Persuapan Menggale baru 30 persen. 
“Pembangunan Vihara dan kantor desa tersebut kemungkinan akan belum selesai sampai akhir pelaksanaan kegiatan TMMD, namun kami akan tetap melanjutkannya hingga rampung, “kata Dandim. 
Dari nilai proyek 1,5 miliar TMMD mampu menyelesaikannya dengan dana sebesar 750 juta. Hal tersebut kata Dandim karena pengerjaannya tidak bernilai proyek dan tenaga jerjanya bersifat gotong royong antara TNI dan masyarakat. 
” Untuk upah tukang sendiri senilai 30 sapai 40 persen dan itu bersifat swadaya dan gotong royong, “Terang Dandim. (F3/NG/AN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *