Pendaftaran Parpol Di KPU Loteng Masih Nihil

Share and Enjoy !

Bendera  Parpol Di KPU Lombok Tengah 
LOTENG,LINTASNTB. Sejak dibukanya  pendaftaran Partai  Politik (Parpol)  sebagai  peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dari tanggal 3-16 Oktober 2017. Hingga saat ini belum  ada pengurus  Parpol  yang mendaftar di Komisi  Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah. 

“Sejak dibuka pendaftaran hingga hari ini(red”selasa) belum ada Parpol yang mendaftar dan menyerahkan berkas kepengurusan di KPU Lombok Tengah,”ujar  Devisi Hukum KPU Lombok Tengah,  Zaeroni kepada Wartawan  dikantonya,  Selasa (10/10).

Dijelaskan,  dari semua Parpol yang ada di Indonesia, hanya Partai Perindo yang sudah menyerahkan berkas Kartu Tanda Penduduk (KTP) ,Dan Kantu Tanda Anggota (KTA) ke KPU Lombok Tengah. Akan tetapi,setelah dilakukan  pengecekan masih ada kekurangan.  Sehingga berkasnya itu dikembalikan untuk dilengkapi sesuai ketentuan.  Dan kita minta mereka untuk mendaftar kembali setelah  berkasnya dilengkapi. 

“Jumlah Berkas KTP dan KTA yang diserahkan Perindo itu 1229. Setelah di cek kurang 111 anggota” ujarnya. 

Ditegaskan,  bagi Parpol yang ingin menjadi peserta  pemilu 2019. Mereka wajib mendaftarkan kepengurusan Partainya di KPU Pusat, Provinsi,  dan Kabupaten. Sesuai  aturan untuk persentase kepengurusan Parpol itu harus terdaftar  di KPU Provinsi  sebanyak 100 Persen.  Kepengurusan di KPU Kabupaten  itu 75 persen,  dan di Kecamatan  itu 50 Persen. Jadi semua Parpol Wajib untuk mendaftarkan Kepengurusannya di KPU Pusat,  Provinsi,  dan Kabupaten. Apabila mereka  ingin jadi peserta  pemilu 2019 mendatang. 

“Bagi Parpol baru akan dilakukan Verifikasi  faktual kepengurusan anggotanya,”ujarnya. (Ade)

Ketua KPU Lombok Tengah,  Ary Wayudi menambahkan, jika dibandingkan  dengan pendaftaran Parpol sebagai  peserta  Pemilu 2014 yang lalu.  Animo Parpol  yang mendaftarkan kepengurusannya di KPU cukup tinggi.  Akan tetapi,  kodisi ini mungkin karena di KPU Pusat belum begitu  banyak  Parpol  yang mendaftarkan. Sehingga di daerah juga belum  ada Parpol yang daftar.

“Sisa waktu pendaftaran  tinggal enam hari. Dan tidak ada perpanjangan waktu Pendaftaran lagi,”ujarnya. (ade) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *