Sambangi Desa, Camat Lembar Evaluasi Kekurangan dan Hambatan

Share and Enjoy !

Camat (kanan) di dampingi staf pemerintahan
LOMBOK BARAT,LINTASNTB. Apresiasi terkait pelaksanaan Dana Desa ( DD) dan Alokasi Dana Desa ( ADD) tahun anggaran 2017, pihak Kecamatan Lembar Lombok Barat (Lobar) lakukan pantauan dan monitoring dengan menyambangi 10 desa diwilayah kerjanya. Monitoring tersebut untuk mengetahui sejauh mana kekurangan dan kendala yang  dihadapi pemerintah desa.

Camat Lembar Hasanudin  mengatakan, pihaknya melakukan pantauan dan monitoring 10 desa diwilayah kerjanya, untuk mengetahui segala bentuk kendala, kekurangan yang ada, hal tersebut dilakukan untuk dievaluasi kemungkinan yang terjadi. 

Selain itu juga, pihak kecamatan memberikan intervensi kepada desa binaannya sebagai upaya dalam meningkatkan pembangunan yang maksimal dan transparan, serta akuntabilitas sebagai mana diamanahkan dalam peraturan UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

“Evaluasi ini bentuk untuk memaksimalkan DD dan ADD 2017 dalam pembangunan yang transparan,” katanya dalam wawancara.

Hasanudin  menjelaskan, pelaksanaan evaluasi dengan menyambangi desa, tentu berkaitan dengan program DD dan ADD pada tahun 2017, sekaligus ingin mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan program tersebut mengalami kekurangan dan keterlambatan yang dihadapi.

“Jadi, biasanya ada keterlambatan dalam soal LKPD meskipun tidak terlalu signifikan,” unkapnya.

Dengan demikian, Ia memaparkan, Dalam pelaksanaan program realisasi tersebut harus berdasarkan pada peraturan yang ada, sehingga, tidak terjadi hal-hal yang menyimpang dalam peraturan.

“Baru baru ini kita kumpulkan semua kepala desa yang ada, berkaitan dengan turunnya BPK, namun dari hasil pemeriksaan semuanya klier dan tidak ada masalah,” ungkapnya.

Diakuinya, persolan yang kerap dihadapi pada DD dan ADD yakni masalah pajak, sehingga dalam prosesnya mengalami keterlambatan. Ini yang menjadi atensi kita bersama di Kecamatan, untuk dibekali pemantapan kepada mereka, tentang penanganan yang lebih komprehensif.

“Semua Desa di Kecamatan Lembar, kita akan jadwalkan. Kami rencanakan untuk memulai dari Desa Sekotong Timur sampai kesemua desa selama sepuluh hari, untuk memantapkan proses penyelesaian soal pajak terutama,” tegasnya.

Pihaknya, Berharap kepada semua kepala desa untuk segera menyelesaikan fisik dan administratif, sehingga proses pelaksanaan DD dan ADD nanti, tidak menuai masalah, terlebih memperlambat proses pencairan, pungkasnya.
( Wan )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *