Sekda NTB: Pembangunan SDM Jadi Fokus Harkitnas 2018

Share and Enjoy !

Upacara hari kebangkitan nasional di lapangan bumi gora NTB
MATARAM,LINTASNTB. Pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 tahun 2018 “Pembangunan sumber daya manusia memperkuat pondasi kebangkitan nasional Indonesia dalam era digital”, menjadi tema utama, Senin (21/5).
Dalam amanat, Menteri Komunikasi Dan Informatika RI, Rudiantara yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, dijelaskan bahwa dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2018 ini, harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.
Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.           
“Bapak Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan selalu mendorong dunia pendidikan, bekerja sama dengan industri dan bisnis, untuk mencari terobosan-terobosan baru dalam pendidikan vokasi”, ujar Rudiantara.
Dalam sambutan yang dibacakan juga disampaikan bahwa jurusan-jurusan baru, baik di tingkat pendidikan tinggi maupun juga di tingkat menengah, yang berkaitan dengan keahlian dan ilmu terapan, harus selalu diciptakan untuk memasok industri akan tenaga terampil yang siap kerja. Generasi bonus demografi yang kebetulan juga beririsan dengan generasi millenial kita, pada saat yang sama, juga terpapar oleh massifnya perkembangkan teknologi, terutama teknologi digital.
Dijelaskan pula bahwa digitalisasi di berbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain- pemain yang menentukan ekonomi berbasis digital dunia.
Alhamdullilah, kita mencatat bahwa tak sedikit anak muda kreatif yang mampu menaklukkan gelombang digitalisasi dengan cara mencari berkah didalamnya.
Banyak kreator konten dan pengembang aplikasi indonesia yang mendunia, mendapatkan apresisi baik material maupun non-material.
Oleh sebab itu, mari bersama-sama kita jauhkan dunia digital dari anasir-anasir pemecah-belah dan konten-konten negatif, agar anak-anak kita bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi, dan mendapatkan manfaat darinya. Tidak ada satu pihak yang tanggung jawabnya lebih besar daripada yang lain untuk hal ini.
Diakhir sambutan, rudiantara menghimbau seluruh anak negeri untuk menghadapi digitalisasi dewasa ini dalam irama yang serempak, khusunya dalam memecahkan masalah dan menghadapi para pencari masalah.
Peserta upacara terdiri dari anggota TNI/Polri, anggota ormas, kalangan pemuda dan pelajar serta PNS Pemprov NTB. Hadir sebagai undangan, perwakilan FKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta pejabat struktural lingkup pemprov NTB.(cand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *