Gubernur Harap Kerjasama NTB Dengan Tiongkok Tetap Terjaga

Share and Enjoy !

TGB dan konjen RRT 
MATARAM,LINTASNTB. Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi berharap hubungan dan kerjasama yang baik antara NTB-Tiongkok selama ini, harus terus dijaga dan dipertahankan. Hal itu ditegaskan Gubernur saat menerima Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Denpasar, Gao Haodong di kediaman resminya, Selasa, (22/5) pagi.
Gubernur juga menyampaikan bahwa disamping sektor ekonomi, sosial budaya dan sektor pariwisata yang telah dijajaki selama ini, sektor pendidikan juga menjadi bidang kerjasama NTB-Tiongkok. Rencana pemerintah Tiongkok yang akan menjajaki kerjasama bidang pendidikan di NTB dengan beberapa pondok pesantren, melalui program studi bahasa mandarin, disambut hangat Gubernur Tuan Guru Bajang (TGB).
Dijelaskan TGB, di NTB ini banyak sekali sekolah agama islam , mulai dari jenjang Sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tiongkok yang terkenal maju dalam urusan pendidikan diharap Gubernur bisa menjadi salah satu tempat menimba ilmu bagi santri- santri NTB.” Banyak hal yang patut kami tiru dari saudara warga tionghoa, salah satunya mengenai etos kerja,” puji Gubernur.
Saat itu, RRT disebut Gubernur) sebagai salah satu mitra kerja yang baik bagi NTB.  Dari masyarakat NTB yang plural ini, kata Gubernur, jumlah warga Tionghoa tidak sedikit. Dapat dikatakan, masyarakat Tionghoa, merupakan salah satu penggerak sektor ekonomi di NTB. “Kultur china memang memiliki kedekatan psikis dengan kami. Terbukti, telah puluhan tahun masyarakat NTB dengan etnis Tionghoa hidup berdampingan dengan damai”,terangnya.
Kepercayaan disebutnya salah satu kunci membangun kerjasama yang baik. Kepercayaan itu akan tumbuh,  jika diawali  proses saling mengenal satu sama lain dengan baik. Termasuk saling mengenal kebudayaan dan adat istiadat. Salah satu yang dicontohkan Gubernur, melalui event budaya seperti perayaan imlek yang telah berlangsung beberapa tahun belakangan di mataram. Event tersebut dapat berlangsung damai tak terlepas dari dukungan tokoh adat dan lintas agama yang menggambarkan keharmonisan hubungan kedua negara. “ event seperti ini saya harap dapat terus dilanjutkan”, ungkap TGB.
Konjen RRT yang berkantor di Denpasar, Gao Haodong, juga tak kalah senang karena bisa diterima langsung oleh Gubernur Tuan Guru Bajang  (TGB).  Ia menjelaskan maksud kedatangannya kepada Gubernur, yakni dalam upaya penjajakan berbagai  potensi kerjasama diantaranya terkait pertukaran sosial budaya,investasi, perdagangan,kerjasama pembangunan infrastruktur dan pendidikan.
Diakuinya kepada Gubernur, dirinya memiliki kedekatan psikis dengan umat muslim, karena sebelumnya, pernah dipercaya bertugas di beberapa negara muslim di timur tengah. Ia merasa senang kehidupan masyarakat Tionghoa di NTB  aman dan bisa berdampingan dengan penduduk muslim. Ia berharap, hubungan baik yang telah terjalin baik selama ini antara NTB ( Indonesia) dan Cina bisa terus berlanjut dan semakin baik. Terlebih, Lombok, merupakan salah satu destinasi favorit turis cina.(cand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *