Dua Tahun Memimpin KLU, Ini Prestasi Nasa

Share and Enjoy !

Bupati Lombok Utara Dr.H.Najmul Ahyar,SH,MH
KLU,LINTASNTB. Puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke 10 Kabupaten Lombok Utara yang di pusatkan di Lapangan “ Tioq Tata Tunaq “ yang di rangkaikan dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 25 provinsi Nusa Tenggara Barat (sabtu,21/07). 
Bupati Lombok Utara Dr.H.Najmul Ahyar,SH,MH bertindak menjadi Inspektur Upacara. Hadir dalam upacara tersebut ketua pimpinan anggota DPR RI Dr.Hj.Hermalina, Wakil Gubernur NTB, Pejabat dari MENPORA RI, Pejabat dari Kementerian Desa RI, Pimpinan DPRD Provinsi NTB, Kapolda NTB, Danrem 162 Wirabakti, Kepala Pegadilan Tata Usaha Negara, Kepala BPK Perwakilan NTB, Bupati dan Walikota Se Provinsi NTB, Wakil Bupati Kab.Lombok Utara, Walikota Provinsi Bali, Jawa dan NTT, Ketua Apkasi, Wakil Bupati Kabupaten Kota Malang, Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara yang pertama, Rektor Institut Kemahiran Industri Malaysia, unsur pimpinan SKPD Kab.Lombok Utara, Sekda Lombok Utara, Kapolres Lombok Utara, Dandim 1606 Lobar, Kepala Pimpinan Partai Politik, Pimpinan BUMN/BUMD.
Dalam sambutannya Bupati Lombok Utara Dr.Najmul Ahyar, SH,M.H menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN, Aparatur Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Maysrakat, Alim Ulama dan Cendikiawan, Pers, Pemuda dan jajaran aparat keamanan yang telah memberikan andil dalam menciptakan suasana yang harmoni, aman, tentram dan demokratis di Lombok Utara sehingga Lombok Utara meraih predikat Kabupaten Peduli Kepedulian Umat Beragama.
Lebih jauh Najmul Ahyar juga menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada Bupati dan Wakil Bupati serta para pimpinan dan anggota DPRD sebelumnya atas jasa dan pengabdiannya atas Lombok Utara. Dan berharap peringatan HUT Ke 10 KLU bukan hanya sebuah hajatan ceremonial semata  yang hanya mengenang masa dinamika silam tetapi harus kita jadikan sebagai kilas balik sejarah dan titik kulminasi dan refleksi atas apa yang telah kita lakukan untuk pembangunan.
Tahun 2018 merupakan tahun ke 3 masa pemerintahan NASA (Najmul Ahyar-Saripudin) banyak  hal keberhasilan Kabupaten Lombok Utara  diantaranya mampu menghasilkan opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) dari BPK RI selama 3 tahun berturut – turut dan pengelolaan keuangan daerah telah sukses mendapatkan pengakuan dalam bentuk anugrah dana reksa dari Kementerian Keuangan republik Indonesia. Pada bulan janauari  2018 predikat SAKIP Pemerintah kabupaten Lombok utara mendapat nilai B dari MENPAN RB RI.
Target kabupaten Lombok Utara sebagai daerah kunjungan wisata tahun 2018 untuk bisa terealisasi. Dari segi pembangunan insfrastruktur Najmul Ahyar juga membocorkan beberapa keberhasilanya diantaranya pembangunan infrastruktur yang langsung menyentuh pada masyarakat. Sedangkan keberhasilannya dari segi pendidikan adalah program sapu bersih Drop Out (Saber DO) yang masih terus dilaksanakan guna menekan angka putus sekolah melalui penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan. 
Banyak upaya dan strategii yang dilakukan pemerintah Kabupaten Lombok Utara untuk menekan angka putus sekolah baik di usia sekolah maupun diatas usia sekolah. Perencanaan pembangunan dibidang pendidikan di kabupaten Lombok Utara mengacu pada hasil sensus ROAD MAP pelaksanaan SPM pendidikan dasar tahun 2017 secara rinci kondisi ini tidak lepas dari indikator –indikator yang terkandung dalam RPJMD tahun 2016-2021. Mendorong pendirian setiap PAUD di setiap dusun untuk mencapai standar minimal dan pemerintah daerah telah menanda tangani MOU dalam bidang pendidikan dengan Institut Kemahiran Malaysia.  
Pada aspek kesehatan pelayanan dasar terus ditingkatkan baik kualitas pelayanan baik sarana prasarana, ketersediaan infrastruktur  guna mendukung pendekatan pelayanan, program satu dokter satu desa telah di penuhi, Program satu ambulan satu desa telah mencapai 50%, diluncurkan program puskesmas ramah anak, di awal juli 2018 telah dibangun PUSTU sebanyak 30 unit, Puskesdes sebanyak 49 unit, puskesmas sebanyak 48 unit dan RSUD sebanyak 1 unit. Pemerintah juga telah mendaftar semua masyarakat menjadi kepesertaan BPJS secara kolektif terdiri dari sarana pusat sebanyak 145.058 orang dana propinsi 1.180.028 orang dan dana kabupaten sebanyak 47.226. 
Pemerintah kabupaten Lombok Utara juga telah menerbitkan beberapa regulasi terkait kesehatan diantaranya Perda kawasan tanpa rokok, Perda Tarif Kesehatan, Perbup Dokter Desa,Instruksi Bupati tentang gerakan masyarakat sehat, dan telah menginisiasi program sapu bersih  gerakan entaskan gizi buruk (Saber Gebuk) program pertama di NTB, disamping genta dan the Best. Atas penerbitan perda KTR dan KTM ini kementerian kesehatan RI mengapresisikan Lombok Utara dengan memberikan penghargaan PASTIKA PARAHITA dan merupakan sasaran strategis kabupaten Lombok utara.
Dalam bidang infrastruktur  jalan target 5 tahun kedepan jalan kabupaten yang panjangnya lebih 400 KM sudah dalam kondisi mantap. Dalam bidang pelayanan pengadaan akte kelahiran Pemerintah Kabupaten Lombok Utara telah melaksanakan pengadaan  akte kelahiran 100% bagi anak – anak sekolah bahkan untuk anak – anak yang baru lahir yang proses pelayanannya terintegrasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah  dan penerbitan  Kartu Identitas Anak guna memenuhi hak Hukum Anak atas legalitas yustisi anak bagi usia 0 – 17 tahun. 
Dalam aspek insfrastruktur  perumahan telah dilaksanakan  program RTLH, melaksanakan program Jum’at Bedah Rumah ( JUBAH ) yang bekerjasama dengan BAZNAS Lombok Utara yang rutin dilaksanakan setiap hari jum’at setiap minggu. Untuk tahun 2017 jumlah rumah yang layak huni telah dibangun  lebih dari 100 rumah. Dari segi aspek keuangan dan pendapatan daerah, najmul ahyar mengungkapkan bahwa tahun 2016 PAD Kabupaten Lombok Utara sebesar Rp. 129 Milyar maka pada tahun 2018 akan ditingkatkan menjadi Rp. 200 Milyar lebih. (Msj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *