Meski Kekurangan Personel, Kepala BASARNAS Apresiasi Kinerja SAR Mataram

Share and Enjoy !

Kepala BASARNAS saat di wawancara oleh wartawan di kantor SAR mataram
MATARAM,LINTASNTB. Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (BASARNAS) Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi, S.Sos., M.M mengapresiasi kinerja dari Kantor Pemcarian dan Pertolongan (KANSAR) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah mengatasi masalah bencana gempa bumi yang terjadi di NTB beberapa waktu yang lalu.
Hal ini disampaikan saat kunjungan kerja ke KANSAR Kota Mataram untuk memberikan pengarahan kepada para anggota SAR yang hadir.
Kepala BASARNAS mengungkapkan beberapa kekurangan yang harus ditanggulangi bersama dengan pemerintah daerah.
“Saya sangat mengapresiasi kinerja tim SAR yang bertugas di rinjani kemarin, mereka bekerja keras dengan personel seadanya, memang personel kita ini saya rasa sangat kurang, idealnya kantor ini harus diisi dengan dua ratusan personel dan peralatan SAR perlu juga di lengkapi,” terang Syaugi.
Sebelumnya tim SAR mengevakuasi korban secara manual dengan mendaki rinjan dan berhasil menyelamatkan seluruh pendaki yang terjebak di gunung rinjani.
“Tim SAR dengan kemampuannya berhasil menyelamatkan korban dengan jumlah 549 orang, awal 543 dan enam sisanya d evakuasi kemudian karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk sekali evakuasi,” ungkapnya.
Kepala BASARNAS bintang tiga ini juga mengungkapkan pos di NTB ini akan ditambah
“Komunikasi dengan pemerintah daerah susah dilakukan, kita berharap pemeeintah daerah menyediakan lahan untuk kemudian kita buat menjadi pos SAR dan kita drop peralatan serta perlengkapan,” terangnya.
Syaugi juga mengungkapkan bahwa kekurangan anggota SAR ini bukan hanya di NTB saja, namun kekurangan ini merata di semua wilayah.
“Sekarang anggota kita ini berjumlah 3.400 di seluruh Indonesia sedangkan idealnya itu 7000, kita ingin anggota bisa kita tambah,” harapnya.(cand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *