Puting Beliung Kembali Menerjang Lombok Utara

Share and Enjoy !

Kondisi bangunan yang rusak akibat angin puting beliung
LOMBOK UTARA,LINTASNTB. Puting beliung terjadi area Kab. Lombok Utara,NTB. Pkl.13:16,angin berputar dan melintas di Dusun Kerujuk Desa Pemenang Barat Kabupaten Lombok Utara, menyebapkan robohnya bangunan hunian sementara para pengungsi,membalikkan dan menerbangkan beberapa hunian sementara milik warga.
Warga yang berada di tenda pengungsian dan hunian sementara berhamburan keluar menyelamatkan diri. Akibat kejadian ini beberapa warga yang berada di sekitar tempat kejadian terluka dan pingsan tertimpa reruntuhan bangunan. 
Dalam keterangan tertulisnya melalui pesan singkat pihak BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) kepada awak media menyampaikan bahwa penomena tersebut pernah juga terjadi di Kab. Lombok Utara,hal ini disebabkan adanya pemanasan yang kuat di permukaan di suatu tempat/titik, yang mengakibatkan terjadinya perbedaan tekanan udara ditempat tersebut dengan wilayah sekitarnya.
“fenomena cuaca tersebut sebelumnya memang pernah terjadi juga di wilayah KLU, berdasarkan hasil analisis kejadian yang tersebut bukanlah puting beliung, melainkan ‘pusaran angin’ secara vertikal yang berskala kecil dimana terjadi pada kondisi cuaca cerah, disebabkan adanya pemanasan yang kuat di permukaan di suatu tempat/titik, yang mengakibatkan terjadinya perbedaan tekanan udara ditempat tersebut dengan wilayah sekitarnya, fenomena ini merupakan fenomena dalam skala kecil maka dampak yang disebabkan juga kecil. Dampak yang ditimbulkan umumnya dapat menyapu debu atau benda2 ringan di sekitar pusaran angin tersebut dalam waktu yang cukup singkat”
Sumber: BMKG Mataram
himbauan kepada masyarakat jika melihat fenomena tersebut lebih baik segera menjauh pada jarak yang cukup aman.(RK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *