Menteri PPN/Bappenas Katakan TGB Contoh Gubernur Berprestasi

Share and Enjoy !

Peluncuran buku TGBNomics di jakarta
MATARAM,LINTASNTB. Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyatakan bahwa TGB M. Zainul Majdi merupakan sosok seorang pemimpin yang patut untuk dicontoh oleh semua pemimpin daerah yang saat ini menjabat, karena Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi lebih baik dibawah kepimpinannya selama 10 tahun ini. TGB berhasil mengurangi angka kemiskinan hingga turun 10% dan menjaga pertumbuhan ekonomi hingga 7%.
“Saya pelajari NTB dan selama dibawah kepimpinan TGB berhasil menorehkan pencapaian fonomenal bagi seorang gubernur dalam menangani kemiskinan. Bayangkan dari tingkat kemiskinan 24% pada 2008 lalu, turun 10 persen menjadi 14,7% pada 2018. Ini  bukan prestasi yang mudah di banyak daerah, bahkan pertumbuhan mencapai 7%,” ujarnya dalam talkshow peluncuran buku TGBNomics: Ikhtiar NTB Untuk Indonesia danPenggalangan Dana Untuk Lombok Sumbawa Bangkit, akhir pekan lalu, di Jakarta.
Bambang yang juga menjadi narasumber dalam buku TGBNomics memberikan beberapa tanggapan terkait kinerja TGB selama menjabat sebagai Gubernur NTB. Dirinya menyatakan dengan tegas bahwa TGB merupakan sosok seorang pemimpin yang patut untuk di contoh oleh semua pemimpin yang saat ini menjabat. 
Menteri PPN melihat Provinsi NTB menjadi lebih baik dibawah pimpinan TGB selama 10 tahun ini. Padahal banyak provinsi di Indonesia yang angka kemiskinannya masih menempati angka 20 persen. Hal ini membuktikan bahwa NTB telah bangkit dari kemiskinan. 
“Bedanya, kemiskinan 14% memang lebih tinggi dari nasional (9,82%). Tetapi kalau melihat provinsi lain di atas 20%, itu masih banyak. Jadi ini bukan masalah kebijakan pusat. Menurunkan kemiskinan perlu effort, karena kemiskinanan sifat multi-sektor, caranya tidak gampang. Bantuan itu bukan sustainable, jadi suatu kebijakan atau aksi berbagai aspek ekonomi menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran untuk meningkatkan ekonomi seperti yang dilakukan TGB,” jelasnya.
Bambang mengomentari buku TGBNomicsyang ditulis wartawan ekonomi senior Neneng Herbawati, dapat memberikan pengalaman bagaimana seorang pemimpin daerah menerapkan kebijakannya  dengan melihat potensi ekonomi dan kearifan lokal. 
“Jadi kalau melihat upaya pemimpin daerah,  terus terang banyak yang melihat anggaran pemerintah kurang dan itu selalu dijadikan sebagai alasan. Padahal saya tahu persis bahwa NTB itu dana transfer daerah enggakbesar, tetapi gubernurnya inovatif. Jadi bukan banyaknya tetapi dengan kebijakan yang jelas dimana muaranya untuk mengurangi kemiskinan. Jadi yang menjadi ciri khas buku ini adalah kesungguhan kepala daerah menurunkan kemiskinan secara drastis.”ungkapnya.(rls/cand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *