Habis Gempa, Sembalun Diterjang Bencana Banjir Dan Longsor ‎

Share and Enjoy !

bongkahan batu besar akibat lonsor menutupi jalan wilayah Sembalun

Lombok Timur – Bencana banjir dan longsor menerjang wilayah Sembalun, Kamis (29/11). Setelah sebelumnya dilanda bencana gempa bumi yang mengakibatkan adanya korban jiwa dan kerusakan rumah warga.

Namun bencana banjir dan longsor  yang terjadi di wilayah Sembalun tepatnya dekat hotel milik anggota DPRD Provinsi NTB berasal dari longsoran dari atas gunung rinjani. Namun akibat kejadian itu tidak ada korban jiwa, melainkan tertutupnya akses jalan karena batu besar menumpuk di tengah jalan.
Sementara hasil pantauan dilapangan bahwa masyarakat bersama aparat dari TNI, Polri sedang berupaya untuk menyingkirkan batu-batu besar yang menutupi jalan jalan.‎
Hal ini dibenarkan Kepala Bidang Kesiagaan dan Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, L.Rusnan saat dikonfirmasi melalui via ponselnya. 
“Memang betul terjadi banjir dan longsor di wilayah Sembalun, sehingga akses jalan tertutup,” kata Rusnan.
Ia mengatakan pihaknya saat ini sedang menuju ke Sembalun bersama tim untuk melakukan pembersihan terhadap tanah dan batu bekas longsoran itu yang menutup di jalan. Sehingga akses bisa dilewati kendaraan nantinya.
Sementara lokasi banjir dan longsor itu di dekat hotel milik anggota DPRD. Dimana terdapat jembatan jalan menuju bile petung itu yang dihantam sama air dan batu besar sehingga menutupi jalan.
“Kami sedang menuju ke lokasi bersama tim ini,” ujarnya singkat.
Ditempat terpisah Dandim 1615 Lotim, Letkol.Inf H.Agus Setiandar mengatakan dirinya mendapatkan laporan dari Koramil Sembalun kalau terjadi longsoran akibat guguran longsoran Pusuk rinjani yang turun terbawa air hujan melalui lereng-lereng gunung. 
Sehingga menutupi jalan, maka tentunya hal seperti ini perlu diwaspadai masyarakat sekitarnya untuk lebih berhati-hati terhadap bencana longsor atau banjir.
“Kami langsung melakukan koordinasi dengan pihak BPBD Lotim dalam upaya pembersihan akibat longsoran tersebut,” tegas Dandim 1615 Lotim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *