Dinas Pertanian Cegah Hama Wereng Coklat

Share and Enjoy !

Brang Ene – Petani yang ada di Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat khususnya petani yang ada di Desa Kalimantong pada kelompok tani kolang makmur telah terkena dampak wereng coklat sebanyak 5 are sawah petani.  
Saat dilakukan pengecekan ke lapangan dilihat ada sawah yang terancam wereng coklat sekitar 10 hektar. 
Pihak Dinas Pertanian langsung melakukan penyemprotan dengan mengambil tong dan memberikan obat Insextisida kepada petani untuk menyemprot hama wereng tersebut.
Di temui di ruang kerjanya Kepala bidang pertanian Syaiful Ulum, SP mengatakan langkah itu dilakukan untuk antisipasi secara dini dan hasilnya apakah ampuh atau tidak bisa menghilangkan wereng obat tersebut, baru bisa diketahui dua atau tiga hari kedepan baru bisa dipastikan.
” Apabila nanti masih ada hama wereng maka pihaknya akan melakukan penyemprotan ulang lagi obat tersebut,” jelasnya. 
Untuk mengantisipasi itu semua wilayah pertanian akan dipantau oleh Dinas Pertanian. 
Dia berharap kepada petani agar bisa  proaktif untuk ikut menyemprot apabila ada hama. 
Sebelumnya hama wereng ini ada juga di Kecamatan Brang Rea sekitar 5 hektar, namun pihaknya langsung secara cepat dikendalikan. 
Dia mengatakan bahwa stok obat ini sudah berkurang karna telah membagikan obat ini ke petani. Maka dari itu pihaknya meminta permohonan obat ke Dinas Pertanian Provinsi, karna stok obat sudah menipis. 
Dalam pengecekan hama wereng ini Dinas Pertanian mengajak Kepala Desa Kalimantong, Agen PDPGR, bhabinkamtibmas, Penyuluh pertanian se Kecamatan Brang Ene.
(Ibrahim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *