Percepat Pehab Rekons, 1000 Pasukan Kostrad Akan Diterjunkan

Share and Enjoy !

MATARAM,LINTASNTB. Dalam rangka percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa di Nusa Tenggara Barat, Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., mengungkapkan bahwa akan ada bantuan pasukan dari Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) untuk percepatan.
“Akan ada 1000 pasukan Kostrad yang akan turun membantu percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa ini,” kata Rizal usai menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah tim gabungan di Mataram, jumat (8/2).
Ia mengungkapkan bahwa pasukan ini akan melengkapi para fasilitator terutama fasilitator dari kalangan sipil yang memundurkan diri.
Rizal juga mengungkapkan bahwa tim gabungan akan menyempurnakan dan mempercepat proses pencairan dana stimulan agar pembangunan hunian baik itu Risha, Rika, Riko maupun yang lain dapat terlaksana dengan lancar dan efisien.
“Ada penyempurnaan yang kami lakukan dalam rapat ini yang mana kita memastikan dua hari setelah penanda tanganan dengan aplikator, bahan bangunan langsung datang, dan setelah itu kita bayar seratur persen, kalau tidak begitu para pengusaha tidak akan berani investasi untuk membantu masyarakat untuk membantu rehabilitasi dan rekonstruksi ini,” ungkapnya.
Untuk memastikan kesesuaian material, Danrem mengatakan ada tim yang akan memeriksa material bahan bangunan agar sesuai dengan apa yang telah dipesan, “ada tim cecker (pemeriksa) dari teman-teman tim untuk melihat bahan apakah sudah sesuai atau belum, jika belum sesuai kita kembalikan bahan tersebut,” tegasnya.
Danrem mempertegas untuk efisiensi waktu maka dibuatlah pelayanan satu lokasi dalam setiap kecamatan dan jika ada desa yang belum siap dengan datanya akan dilewatkan dulu serta mengutamakan desa yang siap.(cand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *