Rab. Apr 14th, 2021

LINTASNTB

Dari NTB Untuk Dunia

Tarian Barapan Kebo, Sambut Kedatangan Institut Seni Indonesi Surakarta

2 min read
Tarian barapan kebo, sekeco dan gendang. 
Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM, pada malam Rabu, (27/2) menerima kunjungan kampus Institut Seni Indonesia Surakarta dalam rangka menjalin kerja sama untuk anak-anak Sumbawa Barat agar berkuliah di kampus seniman itu. 
Bupati dalam sambutannya menjelaskan bahwa Mahasiswa asal KSB yang kuliah di Institut seni Indinesia ini sudah 7 orang dan semoga tahun depan bisa kita tambah. 
” Ini menjadi catatan buat Dinas Dikpora, Asisten dan masyarakat agar bisa mengkuliahkan anaknya di Institut seni Indonesia, ” jelasnya.  
Dia berharap dari kerja sama ini bisa memberikan sentuhan bagi seni-seni yang ada di KSB dan seni di Sumbawa Barat bisa dikembangkan. 
Saat menyambut kedatangan ke lima tim Institut seni Indonesia surakarta ini di sajikan tarian barapan kebo, sekeco dan gendang. 
Tambah Bupati, tarian di Sumbawa Barat belum di ekploitasi dengan paduan yang lain. Saya juga pengen di KSB ini kita harus memiliki ciri khas, seperti Jawa, Bali, Sunda, Medan, Padang dan masih banyak lagi. 
” Semoga dengan adanya kerja sama ISI dengan pemda KSB bisa membuat seni yang di Sumbawa Barat bisa menjadi berkembang dan dikenal masyarakat lain,” tuturnya.
Sementara itu perwakilan dari Institut seni Indonesia yaitu Wakil Rektor Dr. Dr. Eko Suprianto, S. Sn, dia menuturkan sangat senang simbol kebesaran Sumbawa Barat yaitu sapu tobo di sematkan ke kepalanya. 
Dia menjelaskan kedatangannya secara khusus ke Sumbawa Barat untuk mengajak masyarakat Sumbawa Barat untuk berkuliah di Institut seni Indonesia Surakarta. 
” Kerja sama dengan pemda nanti bisa berkembang agar bisa meningkatkan jaringan antara pemerintah daerah dengan kampus seni,” katanya. 
Kita medorong agar pemerintah daerah untuk menyekolahkan anak didiknya di kampus Institut seni Indonesia surakarta.
Dia mengapresiasi para seniman dan tarian yang ada di Sumbawa Barat ini, Riset kami yang kami lihat bukan hasilnya, namun kami pengen mambuat diplomasi dengan seniman yang ada di daerah ini. 
Dia berharap agar para seniman bisa melanjutkan tradisi leluhur mereka, sehingga dikenal di manca negara. pihaknya nanti ingin membuat KSB di 2021 bisa dikenal seniman dan seni di Sumbawa Barat ke luar. 
Dia berjanji akan mengangkat potensi seniman dan seni yang ada di Sumbawa Barat ke manca negara. 
(Ibrahim)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © lintasntb.com | Newsphere by AF themes.