Sambut HUT Lombok Barat ke 61, RSUD Tipat Gerung Gelar Bhakti Sosial

Share and Enjoy !

LOMBOK BARAT,LINTASNTB. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupten Lombok Barat ke-61 yang akan jatuh pada 17 April medatang, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Rumah Sakit Umum Daerah Patut Patuh Patju Gerung menggelar kegiatan bakti sosial di Gedung Budaya Narmada.
Dalam bakti sosial kali ini RAUD Tripat bekerjasama dengan John Fawcett Foundation (JFF) dan Pink Ribbon Foundation (PRF) menggelar pemeriksaan mata, pemberian kacamata, dan operasi katarak gratis. Selain itu, kegiatan yang digelar selama dua hari (26-27 Februari 2019) ini juga menyediakan konseling,  pemeriksaan kanker payudara gratis. 
Rencananya, RSUD Tripat besok (28/2) akan melanjutkan kegiatan serupa di Kecamatan Sekotong. 
Kegiatan baksos ini mendapat apresiasi dari warga Lombok Barat khususnya yang berada di sekitar lokasi kegiatan. Hal itu terlihat dari antusias warga yang sudah mulai berdatangan sejak pagi hari.
Ibu Chaterine dari JFF merinci, ada 700 warga yang memeriksakan matanya di hari pertama baksos. Di hari kedua warga yang berdatangan lebih banyak lagi. Ada 2.000 warga yang datang. Sedangkan pasien yang menjalani operasi katarak ada 41 orang.
Tidak sedikit juga masyarakat yang mendaftar kesehatannya di Pink Ribbon Foundation untuk pemeriksaan kanker payudara, konseling dan USG. Pendaftar hari pertama ada 135 orang, lalu di hari kedua  bertambah 149 orang. Sedangkan warga yang menjalani USG sebanyak 33 orang di hari pertama, dan 29 di hari kedua.
“Yang melakukan konseling hanya 20 orang di hari pertama dan kedua. Dan hasil pemeriksaan yang dicurigai kanker payudara sebanyak 2 orang di hari pertama dan 2 orang di hari kedua,” jelas Ibu Didit  dari PRF.
Tidak hanya warga Lombok Barat saja, banyak warga Kota Mataram dan Lombok Tengah yang mengikuti kegiatan ini.
Salah satu warga Ampenan, Kota Mataram Ibu Geofani mengaku senang mengikuti kegiatan ini.
“Saya sangat bersukur dan berterimakasih dapat dioperasi di sini. Pelayanan cepat dan bagus,” katanya.
Senada dengan Ibu Geofani, Inaq Sah warga Dasan Tereng Narmada berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan.
“Saya sangat bersyukur dengan adanya pemeriksaan mata gratis yang digelar pemerintah. Operasi katarak gratis seperti ini semoga berkelanjutan. Supaya bisa membantu warga yang benar-benar kurang mampu seperti saya”, ucapnya.
Sementara itu Direktur RSUD Gerung dr. Arbain Ishak di sela-sela kegiatan memastikan kegiatan bakti sosial semacam ini akan terus dilakukannya secara rutin. Tidak hanya menjelang HUT Lobar saja namun di setiap kesempatan yang ada.
“Kegiatan ini akan terus kita lakukan  selain pelayanan di rumah sakit,” katanya.
Diakui Arbain, baksos tahun ini sedikit berbeda karena ada tambahan pelayanan seperti konseling dan pemeriksaa payudara.
“Pihak rumah sakit di minta menyiapkan tenaga spesialis. Karena rumah sakit masih kekurangan SDM, hanya bisa menyiapkan dua spesialis mata dan satu spesialis radiologi, itu yang bisa kami bantu, dan biaya selebihnya ditanggung pihak JFF,” tambah Arbain.(cand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *