Kapolres Perintahkan Jajaran Polsek Laksanakan Apel Konsolidasi Pemilu

Share and Enjoy !

SUMBAWA BARAT – Kapolres Sumbawa Barat AKBP. Mustofa, S. Ik., MH memerintahkan semua Kapolsek yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat untuk melaksanakan apel konsolidasi menjelang pemilihan Presiden dan pemilihan Legislatif.


Salah satu Polsek yang sudah melaksanakan apel konsolidasi yaitu Kapolsek Maluk. Polsek Maluk telah melaksanakan acara konsolidasi PAM TPS, Linmas, KPPS dalam rangka Pilpres dan Pileg 2019 di wilayah Kecamatan Maluk, pada Rabu, 10 April 2019 pukul 14.30 Wita bertempat di Aula Kantor Camat Maluk.


Hadir dalam Apel konsilidasi tersebut Kapolsek Maluk Kompol I Gede Mahartha SH, Sekcam Kecaman Maluk, Linmas TPS Kecamatan Maluk, Kepala Desa yang mewakili se Kecamatan Maluk, PPK, Bhabinsa Se Kecamatan Maluk, Bhabinkamtibmas Se Kecamatan Maluk.


Dalam sambutannya Ketua PPK Kecamatan Maluk Edy Hariyanto, S. IP mengatakan bahwa tugas dan fungsi Linmas yang berperan penuh dalam pelaksanaan pengamanan di TPS.


Ia juga menjelaskan tanggal 16 April sudah kita mengetahui lokasi TPS, bekerja sama dengan KPPS. Pendistribusian logistik dari KPU ke Kantor Desa langsung mengamankan kotak suara bergabung dengan anggota Polri/TNI yang PAM di TPS.


Kotak suara yang berada di Desa merupakan tanggung jawab PPS dan Linmas Desa. Tanggal 17 April 2019 pukul 06.00 Wita kotak suara bergeser dari kantor Desa ke TPS dan merupakan tanggung jawab KPPS dan linmas KPPS.


Dia juga menuturkan apabila pemungutan suara di TPS telah selesai, maka kotak suara akan bergeser dari TPS menuju Kantor Camat dikawal oleh Linmas TPS, anggota Polri TNI. Kotak suara yang sudah berada di kantor Camat, merupakan tanggung jawab linmas Kecamatan, Anggota Polri TNI.


Pihak Kepolisian, Panwascam, team Pemantu dilarang keras untuk berada dalam areal Tps. Apa bila ditemukan, petugas  memberi teguran kepada siapapun yang tidak berkepentingan di dalam areal TPS. Linmas sangat berperan penuh dalam rangka PAM TPS, Desa, Kecamatan bersama anggota Polri dan TNI.


Sekcam Maluk Hendra Jaya menyampaikan bahwa KPPS beserta anggota Linmas bertugas di TPS sesuai dengan tupoksinya agar melaksanakan dengan penuh tanggung jawab dalam pelaksanaan tugasnya.


Dia berhap kepada petugas KPPS, linmas agar memahami tugasnya yang telah disampaikan oleh Ketua PPK Kecamatan Maluk.


Kapolsek Maluk dalam arahannya bahwa kegiatan konsilidasi ini sangat penting untuk dilakukan pengecekan kembali agar supaya pada hari H tidak ada halangan.


Diharapkan kepada anggota yang berperan penuh dalam tugas supaya tidak ada halangan. Apa bila ada halangan dalam tugas segera dilaporkan kepada yang mengambil keputusan dan kebijakan.


Dia meminta agar menjaga Netralitas dalam menjalani tugasnya yang telah dipercaya penuh pihak penyelenggara Pemilu. Untuk Kecamatan Jereweh, Kecaamtan Maluk dan Kecamatan Sekongkang di katagori Rayon 3.


Apabila ada permasalahan di didalam TPS agar berkoordinasi dengan Pihak anggota Polri yang melaksanakan Pengawasan/Pengamanan di TPS. Ketika dibutuhkan oleh KPPS maka linmas bersama anggota Polri bisa masuk dalam areal TPS.


Ketua Panwascam mengatakan kepada seluruh Petugas untuk dapat bekerja sama pada dalam hal mengawasi serta mengawal proses penyelanggaraan Pemilu supaya sukses, aman, lancar dan kondusif. (Ibrahim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *