Wabup Ajak Mahasiswa Promosikan Pariwisata KSB

Share and Enjoy !

JAWA TIMUR – Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST menjadi narasumber dalam acara Diskusi Publik dengan tema “menjadikan mahasiswa luar daerah sebagai duta wisata”. Kegiatan yang diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Kabupaten Sumbawa Barat-Malang (IKPM KSB – Malang) tersebut dilaksanakan di Hotel Ubud Cottages Malang, Sabtu pagi (27/4).


Dalam Pemaparannya Wakil Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Sumbawa Barat terbentuk 15 tahun yang lalu, potensi terbesar adalah pengelolaan di sektor pertambangan, baru diikuti oleh sektor lainnya seperti pertanian, perkebunan dan peternakan.


Lokasi Kabupaten Sumbawa Barat yang tidak dilalui oleh jalur lintas provinsi dan sedikitnya jumlah penduduk menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan perekonomian masyarakat. Oleh Karena itu Pemerintah Daerah mengembangkan beberapa strategi, salah satunya adalah dengan mendorong terbentuknya instansi-instansi vertikal di KSB. 


Harapannya adalah dengan adanya instansi vertikal di KSB maka akan menambah jumlah penduduk dari karyawan instansi vertikal tersebut. “Saat ini sudah terbentuk Kodim 1628 di KSB, dengan adanya kodim setidaknya ada 300 prajurit yang akan datang dan tinggal di KSB ditambah lagi dengan anak dan istri serta keluarga mereka. Ini adalah potensi untuk menggerakkan perekonomian,” Kata wabup.


Strategi Pemerintah KSB dalam mengembangkan pariwisata adalah dengan mengembangkan infrastruktur penunjang yang ada di lokasi wisata seperti ketersediaan listrik dan akses jalan yang menghubungkan antar lokasi wisata seperti yang dilakukan di lokasi wisata Pantai Kertasari.


Wakil bupati juga mengapresiasi IKPM KSB – Malang yang telah menginisiasi diskusi tersebut. Mahasiswa merupakan potensi yang sangat besar dalam membantu mempromosikan Wisata KSB. Oleh karenanya mahasiswa harus peduli dan tahu tentang potensi wisata di daerahnya, sehingga bisa menjadi duta wisata bagi KSB, caranya pun mudah. Sekitar 136 mahasiswa yang ada di Malang ini cukup share dan upload tentang potensi wisata KSB di akun media sosialnya masing-masing.


 “Kegiatan yang dilaksanakan sekarang pun menjadi salah satu upaya untuk menyebarkan informasi wisata di KSB karena saya lihat ada sekitar 10 media Malang yang meliput kegiatan ini, tentunya media-media yang hadir ini akan turut membantu mempromosikan wisata KSB,” terangnya.


KSB memiliki banyak potensi wisata, ada pantai jelenga, pantai yoyos, pantai kertasari, pantai maluk dan masih banyak lagi. Semua pantai tersebut memiliki pasir putih yang indah dan beberapa diantaranya memiliki ombak yang sangat cocok untuk olah raga surfing. Kemudian ada wisata budaya dan spot paragliding di desa mantar, atraksi barapan kebo dan maen bai dan masih banyak lagi.


Setelah diskusi dengan mahasiswa dan sejumlah media massa Kota Malang, Wakil Bupati juga menjadi narasumber di Televisi Universitas Brawijaya (UB TV), Radio Universitas Brawijaya (UB Radio),  dan Arema TV (Arema Media Group). (Ibrahim/humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *