Sen. Apr 12th, 2021

LINTASNTB

Dari NTB Untuk Dunia

Hj. Niken : PKK Adalah Mitra Kerja Pemerintah

2 min read

LOMBOK BARAT – Setelah sebelumnya melakukan Road Show di Kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa, hari ini, Ketua TP-PKK Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc berserta Rombongan PKK Provinsi mengakhiri Road Show di Pulau Lombok dengan bertandang ke Kabupaten Lombok Barat.


Selain melakukan Road Show, Hj. Niken juga melantik Ketua TP-PKK dan mengukuhkan Bunda PAUD Lombok Barat yaitu Hj. Khairatun Khalid bertempat di Kantor Bupati Lombok Barat, Sabtu (4/5).


Dalam sambutannya Hj. Niken menjelaskan bahwa PKK merupakan mitra kerja dari Pemerintah Daerah. Hal tersebut dapat dilihat dari kinerja TP-PKK Lombok Barat yang merupakan salah satu pendukung utama dari kesuksesan Pemerintah Daerah Lombok Barat. Saat ini, Lombok Barat sudah mencapai 20% angka stunting.


“Provinsi masih 33%, kalau Lombok Barat sudah berada di bawah angka Provinsi maka itu merupakan sebuah prestasi yang patut kita banggakan” jelas Hj. Niken. 


Meskipun masih ada beberapa persen lagi anak-anak yang harus ditangani, jadi diharapkan dapat bekerja sama dan bahu-membahu untuk menurunkan angka stunting di NTB.


Lombok Barat sendiri memiliki Desa yang sukses melakukan Zero Stunting. Hal ini tak lepas dari kerja keras Kader-kader PKK dan Kader Posyandu untuk mengunjungi dan memantau langsung pangan masyarakat, khususnya pada ibu-ibu yang memiliki bayi.


“Hal ini menjadi bukti bahwa ternyata Zero Stunting itu bukan impian yang tidak mungkin dicapai, tapi bisa dicapai. Disini terlihat bahwa koordinasi dari semua pihak juga sangat perlu dan disinilah Tim Penggerak PKK bisa berperan dengan sangat baik” tutur Hj. Niken.


Melanjutkan sambutannya, Hj. Niken juga menjelaskan terkait Dasa Wisma atau sistem informasi manajemen PKK yang menggerakkan agar 10 keluarga dapat membentuk satu kelompok, kemudian diayomi dan diasuh oleh Kader Dasa Wisma PKK setiap minggunya. Sehingga PKK dapat memastikan dan mengontrol ibu hamil, ibu menyusui, maupun balita setiap minggunya.


“Kami harapkan bisa berjalan dengan baik di Lombok Barat. Dasa Wisma dibangkitkan kembali, dilatih kembali, disemangati kembali agar ibu-ibu Dasa Wismanya bergerak kembali” tuturnya.


Diakhir sambutannya Hj. Niken juga menjelaskan terkait masalah lingkungan. Beliau mengatakan pencegahan masalah lingkungan di mulai dari rumah. Sampah rumah tangga diharapkan dapat dipilah dan dikelola dengan baik, sehingga dapat menjadi sumber daya baru bagi masyarakat.


“Saya harap, semua organisasi perempuan yang ada di Lombok Barat juga bisa berperan aktif untuk mengajar masyarakat kita untuk mulai melakukan pemilahan sampah dan mengelola sampah tersebut menjadi sumber daya baru bagi kita” jelas Hj. Niken. 


Seperti Road Show sebelumnya, TP-PKK Provinsi NTB mengajak BPOM, Dinas Perpustakaan, BKKBN, BPTP, dan Dinas Perdagangan melakukan penyuluhan di Desa Kediri Kabupaten Lombok Barat.


Setelah memberikan sambutan, Hj. Niken beserta rombongan diajak mengunjungi stand pasar murah dan mengunjungi salah satu PAUD di Kabupaten Lombok Barat. (Cand)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © lintasntb.com | Newsphere by AF themes.