Wabup Sampaikan Beberapa Hal Saat Safari Ramadhan

Share and Enjoy !

SUMBAWA BARAT – Wakil Bupati Sumbawa Barat beserta seluruh jajaran bersama dengan Sekretaris Daerah, Wakapolres Sumbawa Barat dan Dandim 1628/SB melanjutkan Safari ramadhan 1440 H yang kedua di Masjid At-Taqwa Desa Menemeng, Kecamatan Brang Ene, pada Kamis Sore (09/5).


Yang unik dalam kegiatan safari ramadhan kali ini adalah bahwa kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pencanangan Zona Integritas lingkup Kecamatan Brang Ene. Wakil Bupati bersama Sekretaris Daerah menjadi saksi pencanangan Zona Integritas tersebut. Wabup berharap dengan adanya zona integritas ini, kecamatan Brang Ene menjadi Kecamatan yang bebas dari korupsi dan menjadi organisasi perangkat daerah yang bersih dan melayani. Usai menyaksikan pencanangan zona integritas, Wabup melanjutkan kegiatan dengan bercengkrama dengan masyarakat kecamatan Brang Ene yang turut hadir untuk meramaikan kegiatan safari ramadhan, sambil menunggu waktu berbuka puasa.


Ketika adzan magrib berkumandang, seluruh hadirin berbuka puasa bersama-sama dengan menyantap takjil yang disediakan. kegiatan kemudian dilanjutkan dengan shalat magrib berjamaah, dan makan bersama  kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat-ayat suci Alqur’an sampai masuk waktu shalat Isya untuk melaksanakan shalat isya dan tarawih berjamaah.


Usai melaksanakan shalat tarawih berjamaah, Wakil Bupati menyerahkan bantuan kepada masyarakat Kecamatan Brang Ene yaitu: 1) Penyerahan 20 Paket Sembako Kepada Lansia, 2) 5 unit Wireles Kepada 5 Masjid Di Kecamatan Brang Ene (Masjid Al – Ihsan Dusun Ai Dewa Desa Kalimantong,Masjid Nurhidayah Desa Lampok, Masjid At – Taqwa Dusun Buin Salamu Desa Menemeng, Masjid Nurul Yakin Desa Mura, Masjid Al – Ikhlas Dusun Fajar Karya Desa Mujahidin). 3) Penyerahan Bantuan Buku Khotbah Jumat Kepada Semua Masjid di Kecamatan Brang Ene, 4) Penyerahan Bantuan Keuangan berupa Uang Pembangunan Musholla Babussalam Desa Mura Rp. 30.000.000, Majelis Al – Mukmin Desa Mura Rp. 15.000.000, Pengurus Masjid Al – Mizan Desa Kalimantong Rp. 15.000.000. 5) Penyerahan Bantuan Pariri Lansia Dan Disabilitas Secara Simbolis Kepada Hasan Bolang Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Lansia), Samrah Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Lansia), Karim Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Lansia), Rabaiyah Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Lansia), Fatmah Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Lansia), Salmiah Peliuk Mekar Sari Desa Menemeng (Disabilitas), Lusi Lupita Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Disabilitas), Fadlun Syihab Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Disabilitas), Ida Yatul Aini Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Disabilitas), Syafruddin Peliuk Mekar Sari Desa Menemeng (Disabilitas). 


Selanjutnya ke 6) penyerahan Sembako Kepada Sri Menganti Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Disabilitas), Lusi Lupita Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Disabilitas), Nurila Peliuk Mekar Sari Desa Menemeng (Lansia), Sabalan Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Lansia), Hasan Bolang Peliuk Buin Salamu Desa Menemeng (Lansia). 7) Penyerahan Bantuan Kepada Marbot : Bapak Abdullah Masjid At – Taqwa Desa Menemeng dan Bapak Sirat Masjid At – Taqwa Desa Menemeng, 8) Penyerahan Paket Sembako Murah Kepada Masyarakat Miskin Di Kecamatan Brang Ene Kepada 188 KK Senilai Rp. 31.396.000 Dengan Subsidi Pemerintah Rp. 21.977.200, 9) Penyerahan Bantuan Kawasan Rumah Pangan Lestari Kelompok Wanita Tani “Bunga Tani” Desa Mujahiddin Kec. Brang Ene senilai Rp. 65. 000. 000.


Wakil bupati dalam sambutannya menyampaikan salam dari Bupati Sumbawa Barat karena tidak sempat hadir dalam acara tersebut, Bupati saat ini sedang menandatangani kerjasama dengan Universitas Udayana terkait Tenaga Dokter Forensik. Selanjutnya Wabup mengajak masyarakat Kecamatan Brang Ene untuk terus bersyukur atas nikmat yg diberikan Allah berupa nikmat kesehatan dan kekuatan untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan ini, dan semoga kita bisa tetap sehat sampai menyelesaikan puasa.


Lebih lanjut wabup mengapresiasi Kecamatan Brang Ene karena telah berhasil menjaga kondusifitas wilayah dengan baik. “Kepada ASN, Kepala Desa, bhabinsa, Babinkamtibmas, dan semua stakeholder untuk mempercepat proses rehab rekon pasca gempa. meskipun ada kendala yang dihadapi tetapi itu bukan menjadi alasan untuk menurunkan semangat dan kinerja. Memang kita masih menunggu, terutama rumah korban gempa yang masuk dalam SK 7 dan 8. Kita masih upayakan agar dana dari pusat segera ditransfer ke daerah. Untuk memudahkan penyusunan berkas pencairan dihimbau kepada masyarakat yang punya rejeki lebih dan berinisiatif membangun sendiri rumahnya agar didokumentasikan (difoto) titik nol pembangunan rumahnya”.Kata Wakil Bupati.


Wakil bupati juga menyoroti proses persiapan pembangunan bendungan Tiu suntuk. Dalam waktu dekat akan turun tim untuk melakukan peninjauan lokasi pembangunan Bendungan. “Oleh karena itu Saya berharap Kepala desa, Tokoh pemuda dan Tokoh masyarakat, mari ingatkan masyarakat untuk tidak menjadi provokator yang bisa mengganggu kondusifitas wilayah karena alhamdulillah anggaran 1,7 T sudah disiapkan Pemerintah Pusat dan bendungan Tiu Suntuk ini jadi prioritas untuk dibangun,” harapnya.


Bendungan Tiu Suntuk akan memberikan manfaat yang sangat besar kepada masyarakat Brang Ene bahkan sampai kecamatan Jereweh. Bendungan ini akan mampu mencegah banjir dan memenuhi kebutuhan air masyarakat. Oleh karena itu masyarkat diharapkan mendukung pembangunan ini. (Ibrahim/humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *