Distanlutnak Siapkan 300 Juta Untuk Rehab Total RPH Taliwang

Share and Enjoy !

SUMBAWA BARAT – Rumah pemotongan hewan yang ada di Kelurahan Dalam Kecamatan Taliwang pada tahun 2019 ini akan di rehab secara total mulai dari bentuk bangunan, fasilitas pendukung sampai dengan kantor RPH itu sendiri.


Dinas Pertanian, Perkebunan, Hultikultura dan Peternakan telah menyiapkan anggaran sebanyak 300 juta untuk merehab total rumah potong hewan Taliwang.


“Sebelumnya tahun kemerin ada rencana akan mencari lahan baru untuk tempat pemotongan hewan, pemerintah mau membeli namun akses yang baru tersebut terkendala dengan akses jalan dan sulit membawa ternak,” jelas kepala bidang Peternakan, Jamilatun, S. Pt saat di wawancarai media ini.


Ia juga mengatakan RPH Taliwang ini nantinya bangunan awal akan dirobohkan dan membuat yang baru, karna sekarang di rancang untuk membuat septitank yang lebih besar.


Selain itu Dinas sendiri berencana akan menambah luas area RPH dengan bersurat ke bagian pemerintahan Setda KSB untuk membeli tanah di sekitar RPH agar menambah luas RPH.


“Di RPH yang baru nanti akan di lengkapi dengan petugas kebersihan dan ukuran saptitank diperbesar, ” ungkapnya. Pada Senin, (20/5).


Ia juga menjelaskan bahwa anggaran untuk pembuatan RPH ini ditender melalui ULP, RPH itu nanti didukung juga dengan fasilitas lain seperti, kandang penampungan, tempat pemeriksaan hewan, tempat pemotongan, penyembelihan, tempat penampungan daging sementara dan kantor RPH yang jelas lengkap.


“Anggaran untuk merehab RPH menelan angka 300 juta. Untuk mencegah agar tidak full di saptitank, pihaknya akan bekerja bekerja sama dengan pupuk organik,” tutupnya. (Ibrahim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *