Bupati KSB Terima LHP-LKPD Dengan Opini WTP

Share and Enjoy !

MATARAM – Untuk kelima kalinya Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018. Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M bersama Ketua DPRD KSB M. Nasir, S.T., M.M menerima langsung LHP dari Kepala BPK RI Perwakilan NTB di Aula Gedung BPK RI Perwakilan NTB, Senin pagi (27/05).

LHP-LKPD dengan opini WTP ini merupakan WTP ketiga di bawah kepemimpinan Bupati Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M dan Wakil Bupati Fud Syaifuddin, S.T sejak memimpin KSB tahun 2016. Dua WTP sebelumnya didapatkan di masa pemerintahan Dr. KH. Zulkifli Muhadli, M.M dan Mala Rahman.

Selain KSB, Pemerintah Provinsi NTB dan Sembilan Kabupaten/Kota juga mendapat opini WTP atas LKPD Tahun Anggaran 2018. Kepala BPK RI Perwakilan NTB, Hery Purwanto, S.E., M.M., Ak., CA dalam sambutannya menyampaikan, secara umum ada beberapa catatan atau temuan dari LHP Pemerintah Daerah. Temuan tersebut adalah terkait aset, ketidaktepatan penganggaran, pengelolaan dana bos tidak sesuai ketentuan, pengadaan barang dan jasa dan pelaksanaan proyek.

Tetapi lanjut Hery Purwanto, beberapa masalah tersebut masih dalam batas wajar. Sehingga BPK RI Perwakilan NTB memberikan opini WTP kepada seluruh Pemerintah Daerah di NTB. Kabar menggembirakan, di wilayah timur Indonesia, hanya Provinsi NTB dan Provinsi Gorontalo dengan Kabupaten/kota di dalamnya yang meraih opini WTP untuk LKPD 2018. Selain itu, entitas tindak lanjut di Provinsi NTB rata-rata di angka 88 persen, jauh di atas angka rata-rata nasional yakni 65 sampai 70 persen. ‘’Namun apa yang menjadi temuan, kami berharap untuk dapat ditindaklanjuti,’’ kata Hery.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah, M.Pd, Para Bupati/Wakil Bupati dan Walikota, terkecuali Wali dan Wakil Wali Kota Mataram, dan para Ketua DPRD se-NTB. Hadir juga dalam kegiatan ini Inspektorat KSB, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah dan sejumlah pejabat struktural dua OPD tersebut. (Ibrahim/humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *