RAPI Daerah 15 NTB Berikan Bantuan Komunikasi Lebaran 2019

Share and Enjoy !

RAPI Daerah 15 NTB Berikan Bantuan Komunikasi Lebaran 2019

MATARAM – Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah 15 Provinsi NTB menggelar bantuan komunikasi (Bankom) Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019.


Bankom angkutan lebaran terpadu ini bertema Mudik Selamat – Guyub Rukun. Bankom RAPI ini digelar dari tanggal 29 Mei sampai dengan 13 Juni 2019.


“Bankom ini berlangsung selama dua minggu,” ujar Wakil Ketua III RAPI Daerah 15 Provinsi NTB Komang Candra didampingi Sekretaris, I Made Suartha pada Selasa (4/6/2019) di Mataram.


Menurutnya, kegiatan ini menjadi agenda rutin RAPI yang dilakukan tiap tahun. Pengurus Daerah (Pengda) RAPI Daerah 15 Provinsi NTB diinstruksikan untuk berpartisipasi aktif mendirikan Posko Pemantaun Arus Mudik Lebaran 2019/1440H baik stasiun tetap ataupun stasiun bergerak.


Untuk stasiun bergerak, jajaran RAPI Daerah 15 Provinsi NTB melakukan patroli memantau situasi dan kondisi lapangan.  Sementara untuk stasiun tetap, RAPI Daerah 15 Provinsi NTB mendirikan posko induk di Dinas Perhubungan Provinsi NTB. Dan untuk posko pantau, RAPI Daerah 15 Provinsi NTB mendirikan di Jl. Bung Karno Mataram.


Ketika terjadi persoalan sosial kemasyarakatan, misal gangguan kamtibmas ataupun kemacetan arus lalu lintas maka Pengda RAPI Daerah 15 NTB menyampaikan informasi tersebut kepada pihak terkait seperti Polisi ataupun Dinas Perhubungan Provinsi NTB untuk ditindaklanjuti.


“RAPI Nasional perintahkan buat Posko Bankom Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019. Di NTB, posko induk berada di Dinas Perhubungan dan untuk posko pantau berada di jalan Bung Karno Mataram. Pengda juga memerintahkan kepada masing-masing Pengwil RAPI mendirikan Posko Pemantaun Arus Mudik Lebaran 2019/1440H  berkoordinasi dengan Pemkab/Pemkot setempat,”ujarnya.  


Ia menegaskan bahwa Bankom Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019 merupakan upaya RAPI dalam membantu mewujudkan penyelenggaraan angkutan lebaran yang selamat, aman, tertib dan nyaman.


“Kegiatan ini untuk membantu pemerintah, instansi terkait dan masyarakat dalam memberikan informasi seputar arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2019, agar pelaksanaan hari Raya Lebaran 2019/1440H berjalan lancar,” pungkasnya. (Dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *