607 Hektar Lahan Petani Di 2 Kecamatan Mengalami Kekeringan

Share and Enjoy !

Kepala bidang Pertanian Syaiful Ulum, SP

SUMBAWA BARAT – Dinas Pertanian, Perkebunan, Hultikultura dan Peternakan Kabupaten Sumbawa Barat beberapa waktu lalu telah mencatat sawah petani yang mengalami kekeringan, baik itu yang ada di Kecamatan Taliwang dan Kecamatan Seteluk.


Pihak Dinas Pertanian sudah mencari di mana ada sumber mata air agar sawah petani dibantu airi dengan mesin air.


“Kami juga sudah menyarankan kepada petani untuk menanam tanam jagung, kedelai dan kacang hijau, karna tanaman tersebut tidak terlalu banyak membutuhkan air,” jelas Kepala bidang Pertanian Syaiful Ulum, SP.


Ia juga menerangkan bahwa setelah pihaknya menjelaskan kepada petani untuk menanam tanaman yang tidak begitu banyak membutuhkan air, namun pemahaman petani juga lain dan kami sudah berusaha menyakinkan mereka.


Untuk di ketahui luas lahan yang kering yang ada di dua Kecamatan ini sekitar 607 hektar. Dan pihak Dinas sudah memberikan saran kepada petani untuk ikut asuransi AUTP, namun petani belum bisa memahami sepenuhnya tentang asuransi ini.


Ia meminta kepada petani untuk masa tanam yang akan datang petani akan di arahkan semua untuk ikut asuransi baik tanamannya bagus atau tanamannya kurang bagus, tetap akan di akan kami masukkan ke asuransi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.


“Untuk mengantisipasi kekeringan pihak kami sudah memberikan sumur bor untuk di manfaatkan oleh petani, namun bantuan untuk tahun ini belum di berikan karna masih proses,” jelasnya. Pada Senin, (24/6).


Upaya lain dari Dinas pertanian yaitu sudah mengarahkan ke PPL dan kelompok agar berusaha menyelamatkan tanaman petani.


“Sampai saat ini bantuan dari BPBD setempat belum ada untuk para petani mengantisipasi kekeringan,” pungkasnya. (Ibrahim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *