Proses UIN Mataram Dapat Bantuan IsDB

Share and Enjoy !

MATARAM – Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram mendapatkan bantuan ratusan miliar dari Islamic Development Bank (IsDB). 


Bantuan itu digunakan untuk pembangunan 9 gedung baru UIN Mataram yang terdiri dari Polyclinic, General Library & ICT Center, Integrated Class Room tiga gedung, Integrated Laboratory, Training Centre, Multi Purpose Building dan Research Centre.


“UIN Mataram dapat support dana dari IsDB sekitar 273 miliar untuk pembangunan 9 gedung baru,” ujar Ketua Project Implementasi Unit (PIU) IsDB UIN Mataram, Drs. Lukman Hakim, (24/6).


Menurut Lukman Hakim, pembangunan 9 gedung baru UIN Mataram merupakan puncak dari bantuan IsDB setelah melalui serangkaian tahapan.

Bantuan dari IsDB berawal dari pengajuan yang dilakukan UIN Mataram pada tahun 2008. Semenjak diajukan, kemudian pada tahun 2010 masuk dalam blue book dan 2011 masuk green book Bappenas RI.  


Seiring berjalannya waktu, tim IsDB Jeddah berkunjung ke UIN Mataram yang kala itu masih bernama Institut Agama Islam negeri (IAIN) Mataram untuk memastikan lokasi pembangunan. 


“Diawali dengan membuat proposal pada tahun 2008, pada 2010 masuk dalam blue book dan 2011 masuk green book Bappenas RI, maka pada tahun 2012 dari TIM IsDB Jeddah datang untuk memastikan lokasi rencana pembangunan,” sambungnya.


Pada tahapan selanjutnya, UIN Mataram melakukan penguatan kapasitas melalui empat program yakni pengembangan manajemen, pengembangan akademik, pengembangan SDM, dan pengembangan sarana. 


“Selanjutnya sebagai langkah-langkah untuk penguatan kapasitas, ada empat item program yang dilakukan UIN Mataram, salah satunya adalah pengembangan SDM dimana sekarang UIN Mataram sudah memiliki hampir 100 orang doctor dari yang sebelumnya hanya 7 orang  dan memiliki 7 orang Guru Besar dari awal hanya 2 orang, ” tuturnya.


Setelah serangkaian proses tersebut dilakukan, akhirnya pada Rabu 17 oktober 2018, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin meresmikan pembangunan 9 gedung baru UIN Mataram. 


Peresmian ini ditandai dengan pemencetan tombol sirine dan penandatanganan prasasti menandai dimulainya groundbreaking pembangunan sembilan gedung UIN Mataram. 


Baca juga : Brantas Abipraya Bangun 9 Gedung UIN Mataram


“Jadi pembangunan 9 gedung baru UIN Mataram yang sekarang itu menjadi puncak dari serangkaian proses yang sangat panjang.” Terangnya. 


Saat ini proses pembangunan 9 gedung baru UIN Mataram sudah mencapai lebih dari 50 persen. Diharapkan, pembangunan 9 gedung baru UIN Mataram bakal selesai pada bulan Desember 2019.


“Dari kontrak selesai bulan februari 2020 namun Insya Allah terjadi percepatan bulan Desember 2019 sudah selesai, mudahan tidak ada kendala.” Pungkas Lukman Hakim. (Dee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *