Wakil Bupati Ikuti Kegiatan Manasik Haji

Share and Enjoy !

LOMBOK UTARA – Jamaah  haji asal kabupaten Lombok Utara melaksanakan kegiatan manasik haji di asrama haji Mataram Kamis, 27 Juni 2019 diikuti calon jamaah haji asal kecamatan dan merupakan agenda bimbingan manasik tingkat kecamatan.  


Pada kegiatan manasik haji kali ini, para jamaah haji dilatih tata cara pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar dan salah satunya tawaf mengelilingi ka’bah dengan langsung memakai pakaian  ihram dan juga beberapa kegiatan lainnya. 


kegiatan ini dipandu oleh seorang penyuluh haji yang sudah bersertifikat dan termasuk juga yang ikut dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin  beserta kedua orang tuanya yang posisinya saat ini beliau sebagai adalah Ketua Tim Pemandu Haji Daerah ( TPHD ) Lombok Utara.  


Berdasarkan data dari kantor Kemenag Lombok Utara seksi Penyelengar Haji dan Umrah bahwa jumlah peserta yang mengikuti manasik  haji tahun ini adalah semua jamaah haji  yang akan berangkat tahun ini dan sudah melunasi biaya haji sejumlah 126 orang ditambah 5 orang cadangan yang mengikuti pelunasan tahap keempat


Tujuan dari penyelenggaraan manasik haji seperti yang disampaikan Kasi PHU Muliarta adalah sangat penting.


“Penting sekali pelaksanaan manasik haji ini bagi calon jamaah haji yaitu untuk membimbing, mengajarkan, memberikan pemahaman yang baik kepada calon jamaah haji supaya dapat menjalankan ibadah haji dengan baik disamping memahami tentang aturan – aturan yang berlaku didalam pelaksanaan kegiatan ibadah haji dan mendapatkan informasi – informasi terbaru tentang kondisi Mekah dari tahun ke tahun. “ ungkap Muliarta.


Dalam kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kepala Seksi Haji dan Umrah ( PHU ) Kemenag  Lombok Utara Muliarta, S.Sos beserta 5 Kepala KUA diantaranya  Kepala KUA kecamatan Pemenang Hilmizan, S.Fil.I Kepala KUA kecamatan Tanjung H. Sunardi, S.Sos, Kepala KUA kecamatan Gangga Muhammad Yasin, S,Hi, Kepala KUA keccamatan Kayangan H.Lalu Syukri, S.Hi dan Kepala KUA kecamatan Bayan Darsiah,SH.


Berdasarkan data Kemenag KLU, bahwa calon jamaah haji yang tertua atas nama Amaq Rukman asal Dangiang Timur Kecamatan Kayangan berusia 91 tahun. Berdasarkan tabel data keberangkatan calon jamaah haji NTB bahwa Calon Jamaah haji asal kabupaten Lombok Utara akan dilepas oleh Bupati Lombok Utara di Masjid Agung Baiturrahim Tanjung pada tanggal 16 juli 2016 dan berangkat ke bandara menuju madinah tanggal 17 juli 2019.


Seperti yang disampaikan staf penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag KLU Ramdan mengungkapkan bahwa pelaksanaan manasik haji berlangsung dengan lancar. Bagi jamaah haji yang belum melaksanakan perekaman biometrik,  menurut Ramdan akan dilaksanakan pada saat jamaah haji memasuki asrama haji pada tanggal 16 juli nanti. (Msj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *