BADKO HMI Apresiasi Sikap Out of The Box Jokowi

Share and Enjoy !

METRO – Badan Koordinasi HmI Maluku-Maluku Utara mengapresiasi pernyataan Presiden terpilih Joko Widodo yang memastikan sudah siap meletakkan menteri millenial dalam kabinetnya. Bagi kami, ini adalah satu langkah maju. Sebagai presiden, pak Jokowi telah berani keluar dari pakem berfikir lama dan telah berfikir Out of The Box. Sebab fakta bonus demografi kita sebagian besarnya adalah Millenial.

Olehnya itu, millenial tidak hanya dapat dijadikan sebagai objek poltik melainkan harus diposisikan sebagai subjek politik. Olehnya itu, pernyataan pak jokowi ini kami nilai strategis sesuai dengan tantangan dan tuntutan negara bangsa.

Dunia telah berubah, sehingga kita tidak perlu canggung menghadapinya. Ada banyak anak muda dari Cipayung Plus yang memiliki kompetensi untuk bisa mengisi jabatan strategis di kabinet. Hanya sajah sebagai Presiden terpilih pak Jokowi harus menelaah betul rekam jejak tokoh milenial dimaksud. Dari ujung nusantara kami ingin menyampaikan beberapa hal kepada Yang Mulia pak Presiden.

1. Mengapresiasi niat presiden terpilih yang akan mengisi kabinet dengan wajah anak-anak muda adalah Sebuah langkah maju.

2. Di periode kedua, Presiden terpilih harus berani membangun tim yang bersih dan profesional, jangan mau didikte partai-partai yg merekomendasikan nama-nama dengan rekam jejak bermasalah.

3. Tokoh muda yg diusulkan jadi menteri harus paham visi Jokowi, punya kemampuan profesional, energik, memiliki kemampuan menagerial, punya modal sosial pengabdian di masyarakat dan yang terpenting adalah soal Integritasnya.

4. Tokoh muda tidak hanya jadi terbatas menteri pemuda, bisa juga mengisi berbagai pos dalam pemerintahan, seperti di Malaysia Mahathir mengangkat Yeo Bee Yin usia 34 tahun menjadi menteri energi berprestasi.

5. Tokoh-tokoh muda juga jangan bergerak sendiri-sendiri, perlu mulai berpikir strategis dan membangun agenda bersama ke depan demi kemajuan bangsa dan negara.

Bebebrapa hal yang kami sampaikan itu, sekiranya dapat dipertimbangkan oleh presiden agar kita sekalian bisa beranjak dari kemelut demokrasi liberal menuju demokrasi Pancasila. Sebab Indonesia adalah rumah kita bersama.

M. Tahir Wailissa
Ketua Umum Badko HMI
Maluku-Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *