PLN Dan ITS Terbitkan Mobil Ramah Lingkungan

Share and Enjoy !

Kepala PLN Taliwang Saat Mencoba Mobil Listrik
Sumbawa Barat – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya telah membuat mobil bermerek Alap-alap yang nanti bisa di gunakan untuk Uproad, Pertambangan dan Perkebunan.
Rencana kerja mobil Alap-alap ini memakai baterai untuk menjadi sumber tegangan agar bisa menyimpan energi. Tegangan bisa mencapai 100 full dengan kapasitas 20.000 Watt bisa menempuh jarak 150 KM dengan Kecepatan 60-70 KM/perjam,” jelas Juniono, salah satu anggota enginering.
Mobil Alap-alap saat di wawancarai media ini. Pada Senin, (5/8).
Ia menceritakan untuk pengecasan mobil ini memakai sistem yang tinggal di colok ke Stasiun penyedia listrik umum (SPLU) yang sudah terpasang di tpat yang sudah ditentukan. Setelah itu mobil mengecas sendiri, nanti kalau sudah full akan stop sendiri.
“Terkait harga belum di tentukan, namun diperkirakan di prototep antara 200-300 Juta,” ungkapnya.
Ia menjelaskan pihaknya sudah bekerja sama dengan PLN untuk membuat protetep mobil ini listrik ini. Mobil listrik ini hasil karya anak bangsa di kampus ITS, mereka telah membuat Ginamu gulung sendiri, desain sendiri, inperter sendiri, kontroler dibuat sendiri dan baterai di buat sendiri.
Manfaatnya dari mobil Alap-alap ini untuk menghemat konsumsi bahan bakar, diperkiraan dari segi harga lumayan jauh sekitar 40 persen Kilometer/ KWH lebih besar ini antara 8-10 kilometer per KWH dengan harga 1.500 perkwh dari PLN lebih hemat.
Dia berharap agar mobil Alap-alap ini di pergunakan masyarakat nantinya, karna menghemat bahan bakar dan anti polusi.
“Nanti kalau sudah ready akan di pasang pelengkap lainnya,” terangnya.
Di tempat yang sama, Manajer PLN Rayon Taliwang, IPO Indrianto, mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan SPLU di Kabupaten Sumbawa Barat di dua tempat.
Pertama di Taman Tiang Nam dan Poto Tano agar ini bisa digunakan oleh masyarakat Sumbawa Barat, bisa untuk mengecasan masih banyak lagi kegunaannya. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *