Perkuat Produk Lokal, Sejumlah Pihak Lakukan MoU Pembuatan Beras Lokal

Share and Enjoy !

Sejumlah Pihak Lakukan MoU Perkuat Produk Lokal
Sumbawa Barat – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Bapedda dan Litbang melakukan pertemuan dengan Bulog, BUMDes Kemuning dan Forum UMKM untuk melakukan penandatanganan Memorandum of understanding atau MoU untuk pembuatan beras lokal dan dikemas dengan merek lokal.
Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin ST dalam sambutannya mengatakan, MoU ini realisasi dari peraturan Bupati nomor 2 Tahun 2019 tentang mekanisme jual dan beli terhadap produk lokal. Ini salah satu intervensi pemimpin kepada masyarakat untuk memberikan ruang yang khusus kepada petani.
Dia meminta kepada Bulog dengan keberadaannya saat ini agar memperjelas diri, keberadaan Bulog tidak hanya membeli barang yang ada di masyarakat. Namun bagaimana dari hasil membeli produk masyarakat, Bulog diharapkan bisa bekerja sama dengan masyarakat untuk membuat produksi sendiri baik padi, jagung dan lainnya.
“Kedepan di harapkan sesuai perbup dan kita harus bersama-sama memback up perbup ini,” jelas Wabup, Kamis (31/10).
Ia memberikan apresiasi kepada Bulog dan semoga ada back up khusus dari Bulog. Dia juga memberikan apresiasi kepada BUMDes Kemuning, karna bisa berkembang, sehingga BUMDes ini nantinya sebagai contoh bagi Desa yang lain. Ini adalah bukti nyata dari sebuah Desa.
Dia juga meminta kepada PT. AMNT untuk segera memberikan yang terbaik ke masyarakat. Mudah-mudahan ini langkah yang baik dari MoU itu.
Wabup juga meminta kepada Bapedda, Sekda, Asisten II untuk terus mensupport BUMDes sampai mereka maju.
Dia meminta kepada forum UMKM untuk menjadikan ini sebagai tantangan agar kedepan lebih baik. Ia mengharapkan FKUMKM tetap menata organisasi ini jangan sampai pecah. Perkuat forum ini agar lebih maju.
Forum ini dimamfaatkan untuk sama-sama belajar. Semoga seluruh stekholder di KSB bisa bekerja sama. Sehingga dari MoU ini bisa menjadi sejarah buat kita semua.
Untuk diketahui KSB menjadi Kabupaten satu-satunya terrendah laju pertumbuhan ekonominya dari Kabupaten Kota yang tidak terkena gempa.
Setelah itu, Sekretarias Bapedda KSB Mars Anugerahinsyah S.Hut,. M. Si mengatakan bahwa saat ini ada dua perjanjian kerja sama antara Bulog berjanji bekerja sama dengan UMKM untuk beras premium, sedangkan  pangsa pasar yaitu ASN. Kedua Bulog berjanji dengan BUMDes Kemuning untuk beras medium.
Tujuannya dilakukan itu agar padi lokal, beras lokal, gabah lokal di konsumsi lokal dan global. Nanti prosesnya Bulog menyuplai ke FKUMKM, setelah itu, nantinya akan mengemas dan menjualkan 
Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Fud Syaifuddin ST, Sekretaris Daerah Abdul Aziz SH MH, Asisten II Setda KSB Dr. Ir. H. Amri Rahman, Kepala Bapedda Drh. Khairul Jibril, Kepala Diskoperindag, DPMDes, Camat Sekongkang, Kabag Humas KSB, Bulog, PT. AMNT, Pemdes Kemuning dan FKUMKM (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *