Rab. Apr 14th, 2021

LINTASNTB

Dari NTB Untuk Dunia

Bupati Harapkan Semua Pihak Sukseskan Sensus Penduduk 2020

1 min read

Sensus Penduduk 2020
Sumbawa Barat – Badan Pusat Statistik (BPS) akan menyelenggarakan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020). Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik.

Sensus yang dilaksanakan sekali dalam 10 tahun bertujuan untuk mendapatkan data jumlah penduduk dan karakteristiknya yang menjadi landasan terwujudnya satu data kependudukan Indonesia, serta data pendukung bagi perencanaan dan evaluasi kebijakan dan program pembangunan nasional.
SP2020 mendatang terbilang istimewa, karena dilakukan dengan memanfaatkan data administrasi kependudukan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri sebagai basis data dasar, yang dikumpulkan secara sensus penduduk Online dan sensus penduduk wawancara. 
Sensus penduduk Online akan dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2020. Sedangkan sensus penduduk wawancara dilaksanakan pada bulan Juli 2020.
Sensus penduduk wawancara dilaksanakan bagi warga atau penduduk yang belum berpartisipasi atau tidak bisa melakukan sensus penduduk secara online, yakni dengan mekanisme wawancara, yang dilakukan oleh petugas sensus kepada warga.
Untuk itu, Gubernur NTB Dr. H. Zulkifliemansyah, S.E., M.SC dalam Surat Edarannya bernomor 371 Tahun 2019 dan Disposisi Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M Nomor 2212 Tertanggal 27/11/2019, mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah KSB untuk berperan dan berpartisipasi aktif melakukan sensus penduduk Online  dengan cara mengakses website: sensus.bps.go.id dan memberikan jawaban yang benar dan apa adanya.
Bupati melalui Kabag Humas Ir. Abdul Muis, MM menghimbau kepada semua ASN agar menyebarluaskan informasi kegiatan SP2020 kepada seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan sensus penduduk Online dan siap mengikuti sensus penduduk wawancara. (LNG05)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © lintasntb.com | Newsphere by AF themes.