Bupati Apresiasi Acara Barodak Dan Khitanan Masal Di Maluk

Share and Enjoy !

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM Saat Hadiri Khitan Massal
Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M melalui Kabag Humas Ir. Abdul Muis MM mengapresiasi acara Malam Adat Barodak (luluran dan pancar) anak-anak peserta Khitanan Masal di Masjid Jami’ Baburrahman, Desa Maluk, Kecamatan Maluk, Jum,at malam (13/12). 
Bakti sosial barodak khitanan masal diselenggarakan Ikatan Keluarga Tau Samawa dan Ta’mir Masjid Jami’ Baburrahman ini adalah wadah mempererat silaturrahmi. Sebab baru kali ini ada acara barodak bersama. Kegiatan adat barodak ini juga telah bersendikan sara, karena dirangkaikan dengan tabligh akbar, dan inilah yang baik, yakni adat bersendikan sara’, sara’ bersendikan kitabullah. Jika adat tidak bersendika sara’, maka adat itu harus dibuang.
Kepada masyarakat, Bupati mengungkapkan Pemerintah Daerah telah memenuhi empat jalan sebagai hak dasar masyarakat, yakni jalan tanah (aspal) dimana semua desa terpencil sudah diaspal. Jalan api (listrik), seluruh desa di KSB sudah dialiri listrik. Jalan air (air bersih), sebanyak 95 persen masyarakat telah dialiri air bersih, dan jalan angin (sinyal), seluruh wilayah di KSB tidak ada lagi blank spot karena sudah tercover sinyal telekomunikasi.
“Sekarang saya minta bantuan masyarakat untuk kita membuat jalan kelima, yakni jalan pikiran. Caranya dengan berfikir positif, karena berpikir positif akan mengarahkan kepada perbuatan yang positif pula. Jangan menghujat, jangan sedikit-dikit demo, mogok kerja, mari kita bekerja dengan giat. Khusus kepada ibu-ibu, jaga anak-anak, asuh dengan baik agar terhindar dari narkoba dan prilaku negatif lainnya,” imbuh Bupati.
Ketua panitia kegiatan, Mahmudi Amin dalam laporannya menyampaikan, jumlah anak yang telah terdaftar untuk dikhitan Sabtu pagi sebanyak 30 anak. Bakti sosial ini terselenggara berkat kerjasama banyak pihak, sebagai upaya  membantu sesama dan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Malam ada barodak ini dilaksanakan sebagai upaya melestarikan adat istiadat Tana Samawa. 
Ini juga mengimplementasikan pepatah  “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”.  Melestarikan adat istiadat yang bersendikan sara’ tersebut menjadi tanggungjawab masyarakat Tana Samawa.
Dalam kegiatan ini, Bupati menyerahkan bantuan pembangunan Masjid Jami’ Baburrahman senilai Rp. 25 juta, bantuan kepada Panitia Barodak dan Khitanan Masal senilai Rp. 15 juta, dan kepada anak-anak yang dikhitan masing masing Rp. 500 ribu. Turut mendampingi Bupati Sekda KSB, H. Abdul Azis, S.H., M.H, Kadispora Drs. Mukhlis, M.Si, Kadis Perhubungan Ir. Irhas R. Rayes, M.Si, Kabag Kesra Setda KSB Firmansyah, S.Pd. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *