BPS KSB Telah Siapkan 850 Sketsa Peta RT Untuk Sukeskan Sensus Penduduk

Share and Enjoy !

Sumbawa Barat – Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa Barat untuk mempermudah melakukan sensus penduduk yang akan dilakukan bulan Juni, maka BPS KSB telah menyediakan sketsa batas wilayah per Rukun Tetangga yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat.
Namun sebelum itu, BPS akan melakukan sensus penduduk melalui web yang sudah di sediakan oleh BPS pada bulan Februari dan Maret.
Kepala BPS KSB M. Ahyar mengharapkan saat sensus penduduk 2020 nanti bisa melibatkan semua elemen masyarakat, karna sensus ini dilakukan dengan cara dua tahap yaitu sensus melalui web yang sudah disediakan BPS, sensus.bps.go.id dan melalui kunjungan langsung ke rumah masyarakat.
“Sensus penduduk tahun 2020 merupakan era baru untuk BPS, karna melibatkan banyak pihak,” jelasnya saat bersama awak media di acara Ekspose data makro tahun 2019 dan Sosialisasi sensus penduduk tahun 2020 di kedai sawah, Rabu, (18/12).
Ia menjelaskan, Metode yang digunakan BPS untuk sensus penduduk tahun 2020 yaitu metode kombinasi, pertama mereka memakai data dasar bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Dia mengatakan untuk mensukseskan kegiatan sensus ini, pihaknya sudah berkoordinasi dan konsolidasi dengan Kementerian dalam negeri melalui Dirjen Adminduk, Kominfo dan Bupati KSB.
“Kami sudah mendata jumlah dusun dan RT serta membuat sketsa peta batas wilayah, itu dilakukan untuk mempermudah petugas sensus saat mendata penduduk nantinya, ada sebanyak 850 dusun dan RT yang dibuat sketsanya,” tuturnya.
Sensus penduduk sendiri akan dimulai dari tanggal 15 Februari- 31 Maret 2020, setelah itu data akan dipadukan kembali dengan data Adminduk. Setelah itu dilaksanakan, tim kembali akan mengunjungi ketua RT untuk verifikasi kepastian penduduk.
“Pengumpulan data BPS dengan 3 cara yaitu pertama CAWI (Pengumpulan data secara online melalui web SENSUS.bps.go.id), kedua CAPI (pengumpulan data melalui wawancara langsung menggunakan computer), dan ketiga PAPI (pengumpulan data melalui wawancara langsung menggunakan quesioner).
Dia berharap, Semoga seluruh masyarakat KSB bisa berpartisipasi dalam sensus penduduk tersebut. Sehingga dengan dilakukan sensus ini kita bersama mencatat Indonesia.
Di tempat yang sama, Ahyar sapaan akrabnya menyampaikan expose data makro tahun 2019, Di data tersebut penurunan angka kemiskinan yakni 0,32 Tahun 2019 di KSB, Dimana penurunan kemiskinan di NTB 0,19.
Selanjutnya, Data penduduk yang menganggur di KSB untuk Tahun 2019 5,52 atau sekitar 3000 orang yang mengangur, sementara di tahun 2018 angka pengangguran KSB 3,73 di sebabkan pembukaan lapangan pekerjaan baru di PT. AMNT. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *