24 Panwascam KSB Diharapkan Mampu Selesaikan Masalah

Share and Enjoy !

Sumbawa Barat – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sumbawa Barat pada Senin, (23/12) melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/ janji anggota panitia pengawas pemilihan Kecamatan Se KSB pada pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2020.
Sebelum dilakukan pengambilan sumpah janji dilakukan pembacaan surat keputusan Bawaslu KSB nomor 04/K.NB-07/KP.01.00/KSB/XII/2019. Tentang penetapan pengawas pemilihan Kecamatan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2020.
Ketua Bawaslu KSB, Karyadi, SE membacakan amanat Ketua Bawaslu RI yang mengatakan bahwa Panwascam Kecamatan dihasilkan sebagai sumber daya manusia yang mendedikasikan diri untuk menegakkan perundang-undangan.
Ia menjelaskan bahwa proses penetapan panwascam sudah berdasarkan ketentuan yang berlaku yakni Panwascam ambil yang sudah memiliki keterampilan dasar baik komputer, pengalaman, ilmu kepemiluan dan perudang-undangan.
Dia berharap agar Bawaslu Kabupaten Sumbawa Barat bisa memilih panwascam dengan ketentuan yang sudah ditentukan oleh Bawaslu RI.
Lanjut Karyadi, Penyelenggara pemilu 2019 dijadikan pengalaman dalam mengelola pengawasan pemilihan tahun 2020.
Tantangan pemilu kedepan sangat berbeda maka dibutuhkan pengawas Kecamatan yang berintegritas, berkualitas dan berkompoten..
Dia berharap, Selalu tingkatkan kredibilitas, kualitas diri dan selalu tunduk pada peraturan yang ada. Di akhir sambutannya dia mengucapkan selamat datang dan bergabung kepada Panwascam di keluarga besar Bawaslu KSB.
Sekretaris Daerah Abdul Aziz, SH., MH dalam sambutannya mengatakan bahwa regulasi yang mengatur pemilu setiap kali banyak berubah dan berganti.
Di Kabupaten Sumbawa Barat dalam waktu dekat kita akan memilih Kepala Daerah. Sekda Abdul Aziz berharap dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati agar berlangsung secara langsung, umum, bebas dan rahasia sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ada.
Ia juga menuturkan, Tugas pokok dan fungsi panwascam harus dijalankan. Perbanyak kordinasi dengan Camat agar dapat difasilitasi tempat dan lainnya. Lanjut Sekda, Sekretaris Panwascam nanti akan direkrut dari PNS Kecamatan, maka dari itu sering-seringlah berkordinasi dengan Camat.
“Perbanyak kordinasi, karna itu sangat penting,” pesannya kepada Panwascam yang baru dilantik.
Ia meminta agar para Panwascam terus mengawal tahapan-tahapan pemilu dan dia juga mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) supaya tidak masuk dan terlibat politik praktis.
Ketua DPRD KSB Kaharuddin Umar berharap kepada Panwascam agar saat bertugas bisa menyelesaikan masalah agar proses demokrasi berjalan dengan baik di KSB kedepannya.
“Semoga semua kita berniat untuk menyelesaikan masalah yang ada,” pungkasnya.
Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Abdul Aziz, SH, Ketua DPRD KSB Kaharuddin Umar, Wakapolres Sumbawa Barat Kompol. Teuku Ardiansyah SH, Dandim 1628/SB yang diwakili, Kejaksaan Negeri yang diwakili, Ketua KPU KSB, Denni Saputra S. Pd, para Camat, perwakilan partai politik, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *