Kelurahan Menala Distribusikan 477 Tong Sampah Untuk Mendukung STBM

Kelurahan Menala Distribusikan 477 Tong Sampah Untuk Mendukung STBM

Share and Enjoy !

Sumbawa Barat – Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat telah melakukan pembagian tong sampah sebanyak 477 di dua lingkungan.
Kegiatan pembagian tong sampah untuk mendukung program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yang ada di Kelurahan Menala.
Lurah Menala, M. Ali, S. Pd mengatakan, Dasar dana untuk tong sampah ini berasal dari DPA Kelurahan yaitu sebanyak 370 juta dan dipercayakan pada CV. Sumbawa Jaya Mandiri sebagai pelaksana.
Ia juga menjelaskan, Pihaknya mendukung semua program STBM yang lima pilar tersebut, namun ada satu pilar yang dirasa penting di terapkan di Kelurahan Menala yaitu pengelohan sampah oleh masyarakat. Sehingga diadakanlah pengadaan tong sampah dari dana Kelurahan.
“Dikelurahan Menala sendiri ada 477 tong sampah beserta 3 unit armada sampah roda 3 yang dibagikan,” jelasnya, Jum,at (27/12).
Lanjut M. Ali, Pembagian ini di fokuskan ke dua lingkungan yang disinkronkan oleh tabulasi data dan proposal yang diusulkan dari ASN pendamping serta Pokmas. Sehingga ada skala prioritas di dua lingkungan yang ada di Kelurahan Menala, Karna untuk mencukupi penduduk 5000 lebih dibutuh proses dan tahapan yang panjang.
Dia berharap, Semoga program ini berkelanjutan dan berkesinambungan. Untuk 477 masyarakat penerima telah berdasarkan peta blok dan skala perioritas ditingkat Lingkungan.
Untuk menanggapi keluhan dari masyarakat, pihaknya sudah mengajukan SK usulan penerima dengan ditandatangani oleh Bupati.
Ia juga menuturkan, Tong sampah ini sebenarnya hanya di prioritas untuk jalan protokol, tetapi dilihat masih ada sisanya, maka diberikan ke masyarakat yang ada didalam.
Untuk sasaran penerima tong sampah ini diberikan kepada masyarakat agar mereka bisa menerapkan pilar STBM di lingkungan masing-masing. Dia mengakui untuk sosialisasi fungsi dari tong sampah tersebut dibatasi ke Peliuk, Sehingga dari peliuk yang mensosialisasikan kepada masyarakat, Hal ini menurut, M. Ali dirasa akan lebih efektif karna keterlibatan 9 peliuk yang ada di Kelurahan Menala.
Ia menyampaikan, Tahun depan program pembagian tong sampah untuk mendukung program STBM akan di usulkan kembali sebanyak 4000 lebih, itu diberikan untuk yang belum mendapatkan tong sampah.
“Proses distribusi ke masyarakat dilakukan oleh Kelurahan, dikarnakan dari rekanan hanya mengantarkan sampai ke kantor Kelurahan. Jadi dari Kelurahan baru di distribusikan ke masyarakat penerima,” ujarnya.
Intinya program pembagian tong sampah ini untuk mensukseskan program STBM yang digalangkan oleh pemerintah Sumbawa Barat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *