Sen. Apr 6th, 2020

LINTASNTB

Dari NTB Untuk Dunia

Sadar Kebersihan, Desa Sukadana Pujut Bentuk KMPS

3 min read

Lombok Tengah – Persoalan sampah masih menjadi salah satu permasalahan serius di wilayah selatan lebih-lebih di Lingkar Kawasan Ekonomi Khusus Desa Sukadana Kecamatan Pujut. Bahkan di Kabupaten Lombok Tengah yang merupakan Kabupaten yang di kenal sebagai Kabupaten yang kaya akan pariwisatanya ini juga memiliki data yang cukup besar soal sampah yang perlu penanganan yang serius.

Menurut data real dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kabupaten Lombok Tengah, terdapat sekitar kurang lebih 68.000 ton sampah tersebar di wilayah Kab. Lombok Tengah.

Atas dasar permasalahan tersebutlah pemerintah mulai berbenah untuk menangani salah satu penyakit pariwisata dan lingkungan tersebut secara masif baik dimulai dari hulu ke hilir. Termasuk yang memulai berbenah saat ini adalah Desa Sukadana, Belar Dusun Mongge II hari ini, Kamis 27 Februari 2020 yang secara aksi membentuk sekaligus meresmikan sebuah kelompok yang akan konsen nantinya untuk menangani sekaligus memanfaatkan sampah menjadi suatu barang yang bisa dipakai atau dipergunakan.

Kelompok yang dinamai Kelompok Masyarakat Peduli Sampah (KMPS) Belar Patuh tersebut langsung diresmikan oleh Pejabat dari Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Lombok Tengah yang di dampingi Oleh Kepala Desa, dan beberapa tokoh terkait.

Pembentukan KMPS ini bukan hanya mendapatkan dukungan dari pemerintah namun juga mendapatkan dukungan besar dari masyarakat setempat karena masyarakat setempat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan yang merupakan salah satu penangkal datangnya berbagai penyakit.

Marzuki yang merupakan ketua KMPS Belar yang baru di lantik menyampaikan “Keberadaan sampah merupakan persoalan yang serius yang betul-betul harus mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan dan juga ditangani langsung, karena kalau tempat dan lingkungan kita bersih, maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit termasuk Demam Berdarah maupun malaria” Ungkap Marzuki.

Meskipun kurangnya prasarana yang dimiliki kelompoknya saat ini tidak menjadi sebuah persoalan atau kendala bagi KMPS Belar untuk berjuang melawan sampah, “Kita gotong royong, walaupun kita masih belum memiliki prasarana kita harus memulainya, karena masalah sampah itu kan bukan masalah pemerintah saja namun masalah kita bersama juga, kita sebagai masyarakat harus benar-benar sadar soal itu” Tambahnya.

Dengan keberadaan KMPS Belar, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiator pembentuk kelompok tersebut. Bahkan Dinas LHK Kabupaten Lombok Tengah berharap agar di masing-masing Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Lombok Tengah membentuk KMPS di Desanya masing-masing.

“Kami mengapresiasi dan sambut baik program ini dan juga menyarankan agar kita semua sama-sama sadar, sama-sama saling bahu-membahu untuk memberantas sampah ini, mari di masing-masing Desa kita, kita bentuk KMPS agar permasalahan sampah di tempat kita masing-masing tertangani dengan baik” ujar Munawir selaku pejabat yang mewakili Dinas LHK dilokasi peresmian.

Kepala desa sukadana Syukur, S.IP dalam sambutannya juga sangat berterimakasih kepada masyarakatnya yang sudah sadar terhadap pentingnya menjaga lingkungan dari sampah yang sampai membentuk kelompok untuk menanganinya secara langsung. ” Trimakasih saya sampaikan kepada masyarakat Sukadana khususnya Belar Dusun Mongge II yang sudah secara eksen dan nyata membentuk kelompok untuk mengentaskan msalah sampah ini” Ucap Kepala Desa Muda ini.

Lebih jauh Syukur menyampaikan bahwa sebenarnya anggaran untuk menangani sampah memang akan ada “Untuk wacana terkait penganggaran untuk menangani sampah ini memang sudah ada bahkan sudah di instruksi melalui surat edaran dari Bupati, namun itu tetap kita akan tunggu informasi selanjutnya, dan juga rencana kita di masing-masing Dusun kita akan buatkan TPS Sementara yang memiliki luas standar tetapi saya masih menunggu kepala Dusun untuk menyiapkan lahannya” Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © PT. LIntas Nustra Group | Newsphere by AF themes.