Bawaslu KSB Laksanakan Bimtek Penyelesaian Sengketa

Bawaslu KSB Laksanakan Bimtek Penyelesaian Sengketa

Share and Enjoy !

LINTAS NTB, Sumbawa Barat – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) tentang tata cara penyelesaian sengketa terhadap Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat Tahun 2020. Acara tersebut di selenggarakan di Aula Rumah Kebun, pada Rabu, (19/08).

Tujuan dilaksanakannya bimbingan teknis (Bimtek) tersebut adalah untuk memberi pemahaman kepada seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se – Kabupaten Sumbawa Barat terhadap teknis tata cara penyelesaian sengketa.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa Barat Karyadi, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa, teknis penyelesaian sengketa telah diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 2 Tahun 2020.

Ia berharap kepada seluruh anggota Panwascam atau peserta bimtek agar serius dalam mengikuti seluruh materi yang disampaikan oleh pemateri dalam kegiatan Bimtek Penyelesaian sengketa tersebut.

Koordinator Divisi HPPS Bawaslu Kabupaten Sumbawa Barat Khaeruddin, ST dalam materinya menyampaikan, bahwa penyelesaian sengketa merupakan ujung dari segala bentuk kegiatan pengawasan.

Ia juga menjelaskan bahwa, Objek sengketa merupakan putusan yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota, atau Komisi Pemilihan Umum Provinsi.

“Termohon dalam penyelesaian sengketa bisa berasal dari KPU Kabupaten/Kota, dan juga KPU Provinsi,” ujar Khaeruddin.

Dia juga menambahkan, Ada dua jenis sengketa yang diselesaikan dalam bentuk ajudikasi tersebut, yaitu sengketa proses dan sengketa hasil.

“Proses sengketa dilaksanakan tidak lepas dari proses penanganan pelanggaran, sehingga kegiatan pengawasan yang dilakukan sangat menentukan terhadap proses sengketa,” tegas Khaeruddin. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *