Saat Pameran Benda Purbakala, Muncul Usulan Pembuatan Museum

Saat Pameran Benda Purbakala, Muncul Usulan Pembuatan Museum

Share and Enjoy !

Sumbawa Barat – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa Barat pada hari ini, Senin, (16/11) telah mengadakan kegiatan penyusunan database seni dan situs budaya daerah dalam pameran kebudayaan dan temu pelestarian.

Ketua panitia Hajat Sajadah mengatakan bahwa koleksi pameran ini adalah hasil pendataan bidang budaya yang waktu itu pihaknya turun langsung ke masyarakat. Pameran ini dibuka untuk umum dan peserta didik, Mulai dari TK, SD, SMP yang dilaksanakan dari tanggal 16 – 18 November 2020.

Ia juga menjelaskan, Besarnya dukungan dari para kolektor sangat membantu terlaksananya pameran budaya pada hari ini. Pameran ini adalah bentuk pembelajaran atas pradaban samawa yang pernah ada dan terus berkembang hingga hari ini.

“Kami dari panitia menargetkan pengunjung sebanyak 1000 orang selama pelaksanaan pameran,” jelas Hajat sapaan akrabnya ia disapa.

Ditempat yang sama Sekretaris Daerah (Sekda) KSB, Abdul Aziz, SH., MH dalam sambutannya mengatakan bahwa pengertian dari kebudayaan yakni cipta, kerja dan rasa. Kebudayaan itu menciptakan alat teknologi untuk membantu tugas manusia dalam kehidupan yang diciptakan oleh manusia zaman dulu.

“Kebudayaan merupakan tradisi yang di praktekan di kehidupan masyarakat, Ini merupakan adat istiadat yang dipakai orang dahulu di pulau Sumbawa,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Budaya harus kita lestarikan. Banyak teknologi, kesenian dan peralatan zaman dulu serta perkembangannya sampai sekarang. Banyak alat-alat teknologi budaya dan kesenian perlu dilestarikan dengan cara dibuatkan museum.

Melihat yang perkembangan yang ada saat ini, Lanjut Sekda, Pemda KSB kedepan akan memikirkan untuk pembuatan museum. “Kita harus miliki museum agar anak-anak bisa mengenal budaya yang ada di pulau Sumbawa,” tuturnya.

Ia menambahkan, Semua OPD sudah ada di KSB tinggal OPD museum yang belum ada. Nantinya di museum tersebut bisa dipamerkan semua alat purbakala, kesenian dan teknologi zaman lampau.

Di akhir sambutan, Sekda mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Karena telah melestarikan alat budaya, teknologi dan kesenian yang ada di pulau Sumbawa. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *