Jalankan Tridharma PT, Pemkab Lombok Barat Teken MoU dengan UIN SUKA

Jalankan Tridharma PT, Pemkab Lombok Barat Teken MoU dengan UIN SUKA

Share and Enjoy !

Lombok Barat – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta dalam hal Tridharma Perguruan Tinggi.


Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara UIN Suka dan Pemkab Lobar dilakukan di Ruang Kerja Bupati Lobar, Selasa, (1/12).

Isi dari MoU tersebut untuk mengadakan kerja sama dalam hal pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyrakat dalam jangka waktu selama 5 tahun.

Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan saat membuka acara mengucapkan terima kasih kepada pihak UIN Suka Yogyakarta.

“Mudah-mudahan setelah ditandatangani MoU ini kita bisa implementasikan secara operasional di lapangan, karena jangka waktunya 5 tahun kita bisa implementasikan dalam setiap tahunnya,” ungkap Agus.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor III UIN Suka, Abdul Razaki mengatakan sangat perlunya MoU ini terlebih lagi dalam masa Covid ini.

“Banyak sekali mahasiswa/i berkuliah di UIN Sunan Kalijaga yang berasal dari NTB, kami ingin memfasilitasi mereka karena dalam Pandemi Covid ini mereka belajar secara daring, mereka tidak bisa ke Yogyakarta,” ujarnya.

“Agar proses studi mereka ini tidak terganggu setidaknya kita MoU dengan Lombok Barat mereka bisa KKN di daerah mereka atau daerah tetangga mereka sendiri,” lanjutnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama itu juga mengatakan ingin memfasilitasi putra putri daerah agar di tengah pandemik ini tidak terganggu proses studinya.

“Jauh lebih strategis sebenarnya agar di masa yang akan datang hubungan antara UIN Sunan Kalijaga ini dipereratkan lagi sehingga bisa melakukan kegiatan yeng lebih strategis,” ujar Razaki. Hubungan yang dimaksudnya yaitu dalam bidang penelitian, input konteks kebijakan dan juga pemberdayaan masyarakat.


“Agar kampus ini bisa ikut serta juga mencapai target-target dari yang ingin dihasilkan oleh pemerintah daerah,” lanjut Razaki.


Di kesempatan yang sama, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengatakan sangat mengapresiasi tawaran kerja sama UIN Suka.

“Sebenarnya ini yang kesekian kalinya, kalau UGM hampir setiap tahun mengadakan KKN di Lombok Barat, saya juga sempat juga ketemu Rektor UGM mau mengadakan KKN untuk seluruh perguruan tinggi Muhammadiah s- Indonesia, tapi karena Covid menjadi terhambat,” ujar Fauzan.

“Kita sudah MoU juga dengan UTS yang akan membina 3 Desa Wisata: Sesaot, Buwun Sejati, dan Pakuan. Sebenarnya ini kita MoU-kan bersamaan dengan HUT Lombok Barat tapi dikarenakan Covid akhirnya MoUnya dengan saling mengirim berkas,” Lanjut Fauzan

Fauzan juga mengatakan UIN Sunan Kalijaga lebih maju karena begitu mengajukan MoU kita laksanakan tidak secara daring.

Hadir dalam acara MOU tersebut Kepala Bappeda Lobar H. Akmad Saikhu, perwakilan dari Dinas Pendidikan, Kadis BP2KBP3A Ramdan Harianto, Kadis Pariwisata H. Saepul Ahkam, Prof. Maragustam pengurus pusat IKASUKA, serta perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Sunan Kalijaga. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *