HUT Ke-21, DWP Dikpora Lobar Tekankan Pemberdayaan Perempuan Di Era Digital

HUT Ke-21, DWP Dikpora Lobar Tekankan Pemberdayaan Perempuan Di Era Digital

Share and Enjoy !

LINTAS NTB, Lombok Barat – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 21 tahun 2020 di Aula Kantor Bupati Lobar, Selasa (8/12).

Peringatan HUT DWP ke-21 ini dengan mengangkat tema “Peran Dharma Wanita Persatuan Dalam Pemberdayaan Perempuan Di Era Digital Untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga”.

Ketua DWP Lobar, Hj. Nurhikmah Baehaqi mengatakan tema tersebut sangat relevan dengan kondisi saat ini yang serba era digital.

“Peran Dharma Wanita Persatuan dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Digital untuk mendukung terwujudnya ketahanan keluarga. Dimana diharapkan kita sebagai perempuan yang merupakan kunci pendidikan dalam keluarga memberikan kontribusi positif bagi keluarga sehingga mewujudkan ketahanan keluarga, ikut berperan dalam menekan kasus pernikahan usia dini, dan memberdayakan anggota sesuai kemampuan masing-masing,” terangnya.

Dalam rangka mendukung peran perempuan yang dimaksud, dia berpesan kepada para pengurus agar memanfaatkan peluang era digital dalam rangka penguatan ketahanan keluarga.

“Program kehumasan yaitu Website DWP Lobar, insya allah bulan Desember ini kita mulai buka laman subdomainnya,” katanya.

Dia berharap, dengan memiliki subdomain pada website lombokbaratkab, DWP dapat menampilkan publikasi tersendiri tentang kegiatan dan program yang dilaksanakan DWP Kabupaten bersama-sama dengan unsur pelaksana se-Lombok Barat.

“Banyak peran yang kita lakukan di tengah masa pandemi Covid-19. Misalnya memberikan santunan pada guru di daerah terpencil yaitu di SDN 10 Buwun Mas, memberdayakan anggota melalui penjualan seragam, masker dan atribut lainnya, juga melalui Instagram, bidang Ekonomi berusaha menjual produk lokal dari Lombok Barat, mendistribusikan bantuan PHBS untuk menekan penularan Covid-19 dan kegiatan bansos,” terangnya.

Di momentum HUT DWP ke-21 sebagai bentuk penghargaan juga bagi DWP unsur pelaksana dalam hal administrasi, diberikan reward bagi yang melaporkan kegiatannya dalam pelaporan e-reporting DWP Pusat.

“Dan perlu kami sampaikan di tingkat Provinsi NTB, Lombok Barat sebagai pioneer dan memberikan kontribusi laporan terbanyak. Sehingga Lombok Barat menduduki peringkat pertama di NTB dengan 132 laporan kegiatan selama setahun,” imbuhnya.

Sementara itu, Dewan Penasehat DWP Lobar Hj. khairatun Fauzan Khalid mengucapkan dirgahayu DWP ke-21 tahun 2020 tepat momennya saat mengakhiri tahun 2020 dan mau beranjak ke tahun 2021.

“Kita berbangga sekali di momentum HUT DWP ke-21, DWP Lobar berperan aktif membantu program pemerintah untuk penanganan Covid-19 selama kurang lebih 9 bulan secara serentak yang melibatkan semua organisasi wanita. Dan kasus positif Covid-19 bagi masyarakat kita di Lobar sekarang ini terus menurun,” katanya.

Dia berharap ke depan, tidak ada lagi masyarakat yang terkena Covid-19, sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas normal kembali seperti biasa. Peran perempuan sangat strategis di dalam bermasyarakat, termasuk juga DWP yang menjadi terdepan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas daripada perempuan di lingkup ASN kabupaten Lombok Barat.

Di tempat yang sama Sekda Lobar H. Baehaqi mengatakan, terkait Covid-19 di Lobar hari ini dan beberapa hari yang lalu progres penurunannya sangat signifikan.

“Saya menyampaikan dirgahayu DWP Lombok Barat ke-21 tahun 2021,” ucapnya.

Dia menyebut, peringati HUT DWP ke-21 “Peran Dharma Wanita Persatuan Dalam Pemberdayaan Perempuan Di Era Digital Untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga”. Ini satu tema yang luar bisa di dalam RPJMD 2019-2024

“Tema kita ini menunjukkan sinergi yang dikerjakan oleh Kepala OPD dengan RPJMD 2019-2024,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *