Sikapi Persoalan Kekurangan Air, Komisi III DPRD KSB Rekomendasikan DPUPRPP Buat Kajian Teknis

Sikapi Persoalan Kekurangan Air, Komisi III DPRD KSB Rekomendasikan DPUPRPP Buat Kajian Teknis

Share and Enjoy !

LINTAS NTB, Sumbawa Barat – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa Barat telah melakukan kunjungan lapangan bersama Dinas PUPRPP, PDAM dan Perwakilan petani Air Irigasi Embung Tiu Nisung Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat.

Kunjungan lapangan tersebut terkait dengan kelangkaan air irigasi Embung Tiu Nisung Desa Seteluk Tengah, Sekaligus meninjau progres pembangunan Bendungan Bintang Bano Kecamatan Brang Rea,” kata Kepala Bagian (Kabag) persidangan dan dokumentasi (persidok) Drs. Mulyadi kepada media ini, Kamis, (14/1).

Dia menjelas, Wakil Ketua DPRD Abidin Nasar, SP., MP selaku koordinator Komisi III DPRD beserta pimpinan dan anggota Komisi, Dinas PUPRPP, Perumda Bintang Bano (UPTD PDAM) Kecamatan Seteluk, Perwakilan Petani Air Irigasi Embung Tiu Nisung dan Pemerintah Kecamatan Seteluk yang hadir dalam acara itu.

Kunjungan lapangan Komisi III DPRD ini sebagai bentuk responsif Komisi III untuk menindaklanjuti persoalan kekurangan air petani Embung Tiu Nisung pada musim tanam ke II sebagaimana telah disampaikan dalam RDPU/Hearing dengan perwakilan petani Air Irigasi Embung Tiu Nisung Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk dan Perumda Bintang Bano pada tanggal 6 Januari 2021 di Ruang Banggar kantor DPRD Kabupaten Sumbawa Barat.

Lanjut Mulyadi, Setelah melakukan pengecekan langsung dilapangan serta betatap muka langsung dengan petani dan perwakilan pengguna air bersih PDAM, disimpulkan bahwa keluhan sebagaimana disampaikan pada RDPU benar adanya. Untuk itu Komisi III DPRD merekomendasikan kepada Dinas PUPRPP melalui Sekdis Novrizal Zainsyah, SE untuk segera melakukan kajian teknis.

Hasil kajian itu nantinya yang akan menentukan model solving (solusi) yang akan diberikan. Maka akan diputuskan melalui rapat kerja Komisi III DPRD bersama Dinas PUPRPP, Bappeda Litbang dan Perumda Bintang Bano yang waktunya akan ditentukan kemudian.

Komisi III DPRD meminta agar sebelum memasuki musim tanam berikutnya, Persoalan ini sudah tertangani sebagaimana mestinya. Dari Embung Tiu Nisung Kecamatan Seteluk, Komisi III DPRD melanjutkan kunjungan lapangan ke Proyek Bendungan Bintang Bano, Ikut dalam rombongan Komisi III DPRD, Kadis PUPRPP KSB Amar Nurmasyah, S.T., M.Si.

Berdasarkan penjelasan dari pelaksana proyek diketehui bahwa, Bendungan Bintang Bano akan beroperasi Insya Allah awal tahun anggaran 2022, Kebutuhan air bersih dan air penggairan di KSB termasuk di lokasi Embung Tiu Nisung Kecamatan Seteluk akan terpenuhi.

Sehingga solusi atas persoalan dikawasan Embung Tiu Nisung adalah solusi jangka pendek agar menjamin terlaksananya progres untuk petani supaya mengisi masa tanam di Tahun 2021. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *