Tingkatkan Partisipasi Aktif Masyarakat, Satbinmas Lakukan Apel Poskamling

Tingkatkan Partisipasi Aktif Masyarakat, Satbinmas Lakukan Apel Poskamling

Share and Enjoy !

LINTAS NTB, Sumbawa Barat – Polres Sumbawa Barat melalui satuan bimbingan masyarakat (Binmas) mengadakan apel poskamling di Desa Mataiyang Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat.

Apel poskamling ini mengangkat tema ” Meningkatkan peran siskamling dan pemantapan harkamtibmas yang kondusif di tengah pandemi Covid-19 tahun 2021″.

Acara tersebut dilakukan pada Rabu, 10 Maret 2021 pukul 08.00 Wita yang bertempat di lapangan Desa Mataiyang,” tutur Kapolres Sumbawa Barat AKBP. Herman Suriyono, S. Ik., MH melalui Paur Humas Eddy Soebandi S.Sos kepada media ini Rabu, (10/3).

Kegiatan itu dihadiri oleh IPTU Rahmansyah selaku kasat binmas sekaligus pimpinan apel, ada juga AKP Muh. Fatoni Kapolsek Taliwang, Kepala Desa Mataiyang, Bhabinkamtibmas, personil satuan binmas, linmas Desa Mataiyang, staff Desa dan masyarakat Desa Mataiyang.

Kasat Binmas menyampaikan bahwa, apel Kaposkamling ini bertujuan mengajak dan membangun semangat seluruh elemen masyarakat agar berpartisipasi secara aktif memelihara keamanan dan ketertiban secara swakarsa yang diimplementasikan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Ia juga menjelaskan, melalui pengamanan secara terpadu dalam suatu sistem kerangka keamanan lingkungan, salah satunya dengan siskamling sebagai wadah berkumpul dan berjaga secara bergiliran, sehingga terwujud kesiapsiagaan dilingkungan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kejahatan atau bahaya yang ditimbulkan oleh alam seperti gempa, banjir, tanah longsor dan kebakaran.

Lebih dalam, ia mengatakan, apel ini juga sebagai momentum untuk mengevaluasi eksistensi pengamanan swakarsa tradisional atau siskamling “ronda kampung” dan pembinaannya oleh Polri bersama 3 pilar kamtibmas di Desa.

Ia berharap, kedepan pelaksanaan dapat lebih efektif, terkordinir dan bersinergi dengan aparatur keamanan dan pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Sumbawa Barat yang kondusif.

Melalui apel kaposkamling ini, dia juga menghimbau agar dimasa pandemi Covid-19 saat ini aktifitas dibatasi untuk mencegah meluasnya penyebaran covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M, seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *