Pelaksanaan UM Di KLU Berjalan Lancar

Pelaksanaan UM Di KLU Berjalan Lancar

Share and Enjoy !

LINTAS NTB, Lombok Utara – Pelaksanaan Ujian Madrasah jenjang MI, MTS dan MA di Kabupaten Lombok Utara tahun pelajaran 2020/2021 yang dimulai 15 Maret – 10 April 2021 dihari pertama pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara H. M. Ali Fikri, SH., MH yang didampingi Kasubbag TU, Kepala seksi pendidikan islam melaksanakan kegiatan monitoring UM di salah satu MA dikecamatan tanjung Senin, 15 Maret 2021 di MA Tarbiyatul Islamiyah Kopang Kecamatan Tanjung.


Dari hasil pantauan media pelaksanaan kegiatan UM di MA Tarbiyatul Islamiah Kopang terlihat berlangsung lancar. Kepala MA Tarbiyatul Islamiah Surya Pratama, S.Pdi mengungkapkan Pelaksanaan UM di MA Tarbiyatul Islamiah berlangsung lancar.


“ Kami terlebih dahulu membentuk panitia sebelum pelaksanaan UM dan mengikuti Standar Operasional Prosedur ( SOP ) UM yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Agama. Untuk kenyamanan peserta dalam mengikuti, panitia menyiapkan dua ruang khusus pelaksanaan UM karena jumlah peserta yang mengikuti UM tahun ini sebanyak 27 peserta sehingga terbagi menjadi dua ruangan “ Ungkap Surya.


Kepala Kantor Kemenag KLU melalui kasi Pendis M. Nurul Wathani disela – sela melaksanakan monev UM mengungkapkan bentuk ujian madrasah untuk tahun ini terbagi menjadi 4 ( empat ).


“ Ujian Madrasah tahun pelajaran 2020 / 2021 bentuk ujiannya ada 4 ( empat ) yaitu pertama ujian tulis, kedua ujian praktek, ketuga penugasan dan / atau keempat portofolio. Madrasah dapat memilih satu atau beberapa bentuk ujian untuk setiap mata pelajaran sesuai dengan karakteristik dan aspek yang akan di ukur “ ungkap Wathani.


Lebih jauh, Wathani menjelaskan apabila madrasah memilih bentuk ujian diantara keempat pilihan tersebut, dengan memperhatikan kondisi siswa dan kemampuan madrasah untuk menyelenggarakannya, terutama dalam kaitannya dengan dampak pandemic Covid-19. Sedangkan untuk mata pelajaran Penjas Orkes, Seni Budaya, Prakarya, Kewirausahaan, Informatika serta mata pelajaran tertentu atas pertimbangan mutu pngukuran, diujikan dalam bentuk praktek atau penugasan.


Madrasah penyelenggara Ujian Madrasah ( UM ) adalah madrasah terakreditasi dari BAN – S/M sedangkan madrasah yang belum terakreditasi dapat melaksanakan UM dengan cara menggabung dengan madrasah terakreditasi pada jenjang pendidikan yang sama. Sedangkan tempat pelaksanaan UM dapat berlangsung di madrasah masing – masing.


Jumlah peserta Ujian Madrasah tahun pelajaran 2020/2021 untuk jenjang MA berdasarkan data dari Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara sebanyak 6.429 peserta dari 21 MA Se -Kabupaten Lombok Utara. Dari jumlah tersebut ada 3 jurusan yang terdiri dari 1. jurusan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) sebanyak 45 peserta, 2. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPA ) sebanyak 384 peserta dan 3. Jurusan Bahasa Indonesia sebanyak 213 peserta. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *