Pelaksanaan MKO Dan Musyum Forkosis KSB Sukses Dilaksanakan

Pelaksanaan MKO Dan Musyum Forkosis KSB Sukses Dilaksanakan

Share and Enjoy !

Lintas NTB, Sumbawa Barat – Forum Komunikasi Osis (FORKOSIS) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar kegiatan Manajemen Kepemimpinan Organisasi (MKO) yang dirangkaikan dengan Musyawarah Umum (Musyum) FORKOSIS KSB, di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Taliwang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 15 sampai 17 Oktober 2021 tersebut, melibatkan utusan pengurus osis di beberapa sekolah setingkat SMA dan SMP se KSB. Sepeti diketahui, FORKOSIS adalah wadah bernaung organisasi Osis Se Kabupaten Sumbawa Barat.

Selama tiga hari peserta digodok untuk dibentuk karakter kepemimpinannya. Beberapa unsurpun dilibatkan untuk memaksimalkan kegiatan kali ini, mulai dari Dikbud KSB, Polres KSB, Kodim 1628 KSB, KNPI, HMI Cabang KSB, serta dari LATS.

Ketua Panitia Pelaksana, Jihad Fatahillah mengatakan, Pelatihan MKO yang dilaksanakan, menjadi bagian dari rangkaian musyawarah umum FORKOSIS KSB dalam memilih Ketua Umum baru untuk masa periodesasi 2021/2022.

“Musyawarah umum kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena kali ini kita rangkaikan dengan pelatihan MKO terlebih dahulu. Tentu harapannya bukan hanya lahirnya ketua baru, tapi agar para peserta bisa meningkatkan kualitas diri,” katanya.

Pelatihan MKO berlangsung menarik, beberapa rangkaian kegiatan in door dan out door pun disuguhkan agar dapat memacu semangat belajar dan kekompakan peserta. Khusus dihari terakhir, kegiatan difokuskan untuk Musyawarah Umum yang kegiatannya dipusatkan di Aula SMAN 1 Taliwang.

Kegiatan Musyawarah Umum berlangsung alot. Tampak peserta antusias mendorong beberapa peserta yang akan menahkodai organisasi FORKOSIS KSB periode 2021/2022. Proses pemilihan diawali dengan penjaringan dan penentuan calon. Selanjutnya para calon memaparkan visi misi.

“Dalam penjaringan calon, terjaring 7 calon yaitu, Aan Mulagustari, Louisya Gabriel Nery, Aurora Meisyaprashasti, Yolanda Sapitri, Nur Trisna Ningsih, Hera, Elza Maharani dan Genta Ikhlas Mardotillah,” beber Ketua Panitia

Setelah menyampaikan visi misi, sambung Jihad, selanjutnya dilakukan pemilihan secara demokratis. Prosesnya pun berlangsung tertib dan Aman. Hingga akhirnya, pengumuman perolehan suara terjadi persaingan suara cukup ketat antara para calon.

“Aan dari Osis SMKN 1 Taliwang mendapatkan suara terbanyak, yakni 25 suara. Sementara Yolanda dari SMA Poto Tano, mendapatkan 22 suara, terpaut 3 suara. Dari hasil tersebut, terpilihlah Aan sebagai ketua Forkosis Sumbawa Barat periode 2021/2022,” tandas Ketua Panitia.

Sementara itu, Roy Marhandra, SE.,M.Sos selaku Pembina Forkosis KSB menekankan kepada pengurus Forkosis, untuk konsisten dan komitmen dalam menjalankan roda roda organisasi. Ia juga meminta kepada pengurus nantinya, agar tidak terbebani dengan amanah barunya sebagai pengurus.

“Jangan terlalu terbebani, jalani dengan tenang teratur. Lakukan apa yang bisa dilakukan selama itu baik. Intinya tugas forkosis itu sebagai wadah komunikasi OSIS se KSB. Jadi bagaimana Osis KSB bisa maju dan bangkit bersama, termasuk menjadi siswa yang baik dan berprestasi,” Pungkas Roy, sapaan akrabnya. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *