Dukung Budidaya Perikanan, Diskan KSB Akan Restocking Di Bendungan Bintang Bano

Dukung Budidaya Perikanan, Diskan KSB Akan Restocking Di Bendungan Bintang Bano

Share and Enjoy !

Lintas NTB, Sumbawa Barat – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menaruh harapan besar terhadap bendungan Bintang Bano sebagai tempat untuk membudidayakan ikan air tawar.

Pasalnya, air dari bendungan Bintang Bano tersebut, selalu ada setiap tahunnya, sehingga cocok untuk melakukan budidaya ikan air tawar. “Siklus air di bendungan Bintang Bano akan terus ada sepanjang tahun,” kata Kepala Dinas Perikanan (Diskan) melalui Kepala bidang Perikanan Budidaya Farhan, S. Pi, kepada media ini, Selasa, (23/11/2021).

Ia juga menjelaskan, dinas perikanan berencana akan melepas bibit ikan setiap tahun di bendungan, hal itu dalam rangka restocking (pelepasan bibit ikan diperairan umum). Sehingga kedepannya bisa di manfaatkan oleh masyarakat untuk memancing.

Lanjut Farhan, dengan kehadiran air dari bendungan bintang bano akan memunculkan kolam-kolam baru, disepanjang aliran bendungan. Dia berharap dengan meningkatnya budidaya ikan, kebutuhan ikan untuk Kabupaten Sumbawa Barat tidak disuplai lagi dari luar KSB.

Ia mengatakan, selain bantuan dari dinasnya, pihaknya telah membuat proposal ke pemerintah Provinsi dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar dibantu menyuplai stok ikan dibintang Bintang Bano. Pihaknya juga akan mengupayakan dan memberikan bantuan bibit bagi masyarakat yang ingin membudidayakan ikan air tawar. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *