Kapolres Sumbawa Barat Pimpin Upacara Operasi Zebra Rinjani 2021

Kapolres Sumbawa Barat Pimpin Upacara Operasi Zebra Rinjani 2021

Share and Enjoy !

Lintas NTB, Sumbawa Barat – Kepolisian Resort Sumbawa Barat melaksanakan upacara gelar pasukan operasi Zebra Rinjani 2021 dalam rangka cipta Kamseltibcarlantas pasca WSBK Mandalika 2021 dan menjelang natal 2021 serta tahun baru 2022 ditengah pandemi covid-19 yang bertempat di lapangan Mapolres Sumbawa Barat pada Kamis, (25/11/21) pukul 07.40 wita.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin S.I.K,.M.IP memimpin berjalannya upacara dalam amanatnya menyampaikan, perlu diketahui bahwa operasi zebra rinjani tahun ini sedianya dilaksanakan pada tanggal 15 November lalu, namun karena pelaksanaannya bersamaan dengan operasi mandalika rinjani maka operasi zerbra rinjani 2021 ditunda pelaksanaannya menjadi tanggal 25 November 2021.

Dalam rangka cipta kondisi pasca digelarnya Idemitsu Asia Talent Cup dan world superbike serta cipta kondisi menjelang perayaan natal dan tahun baru 2021, dalam rangka menggelar event IATC dan WSBK tersebut kita ketahui bersama bagaimana upaya TNI dan Polri pemerintah daerah beserta segenap unsur bersinergi bahu membahu dalam upaya event internasional tersebut dapat di gelar.

“Secara kasat mata yang dapat kita lihat dari gelaran Idemitsu Asia Talent Cup dan World Superbike pada tanggal 12 sampai 14 november 2021 dan 19 sampai dengan 21 november 2021 memberikan dampak positif dari sisi perekonomian tingkat hunian hotel di kawasan mandalika penuh baik di Kabupaten dan Kota,” jelasnya.

Lanjutnya, seperti mataram dan lombok barat juga mengalami peningkatan hunian hingga diatas 70%, moda transportasi berbayar pun demikian bahkan sampai pedagang kaki lima merasakan dampaknya oleh karenanya kita patut berbangga karena apa yang kita upayakan bersama memberikan kontribusi positif bagi tumbuhnya perekonomian di NTB.

“Kita tidak boleh larut dalam euforia kebanggaan dengan telah digelarnya event internasional di pertamina mandalika international street sircuit, justru ini merupakan awal bagi kita untuk semakin bersinergi dalam mengawal Provinsi NTB lebih dikenal di dunia internasional, kedepan event MotoGP menanti untuk kita lakukan pengamanan kinerja kita saat pengamanan WSBK menjadi evaluasi agar pengamanan MotoGP lebih baik lagi,” ucapnya.

Super prioritas dengan icon sirkuitnya tinggal bagaimana kita mengelola sumber daya yang ada di NTB, keamanan harus kita kelola untuk memberikan jaminan baik kepada wisatawan maupun investor manusia kita kelola agar warga NTB dapat bersaing tata kelola harus kita sederhanakan untuk menarik investasi-investasi masuk ke NTB.

” Melalui operasi zebra rinjani tahun ini dengan telah berakhirnya seri terakhir superbike di sirkuit mandalika kita mulai tata tampilan wilayah kita, karena cerminan kita terlihat dari bagaimana masyarakat kita berlalu lintas operasi zebra rinjani 2021 harus memberikan dampak perubahan. Hilangkan kebiasaan masyarakat kita yang malas menggunakan Helm termasuk kebiasaan lainnya seperti melawan arus mengangkut orang dengan kendaraan barang menerobos traffic light serta pelanggaran lain yang berpotensi mengakibatkan fatalitas korban lakalantas,” kata AKBP Heru.

Tentunya hal ini tidaklah mudah sehingga pola kerja dan cara bertindak yang disusun haruslah inovatif dari data jumlah kecelakaan lalu lintas operasi zebra 2020 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2019, pada tahun 2020 jumlah kejadian sebanyak 15 kejadian mengalami penurunan sebesar 52% dibandingkan dengan tahun 2019 sebanyak 31 kejadian. demikian juga dengan korban meninggal dunia, pada operasi zebra tahun 2020 terdata jumlah korban meninggal dunia sebanyak 8 orang, sementara untuk tahun 2019 jumlah korban sebanyak 11 orang, atau mengalami penurunan sebesar 27%.

Pelanggaran lalu lintas yang di tindak dengan tilang pada pelaksanaan operasi zebra rinjani-2020 sebanyak 1.546 tilang dibandingkan dengan periode yang sama pada pelaksanaan operasi zebra rinjani-2019 sebanyak 24.080 pelanggar, terjadi penurunan penindakan sebanyak 22.534 pelanggar atau -94%. kemudian terkait kegiatan operasi zebra rinjani tahun 2020 di masa pandemi covid-19 polda NTB dan jajaran melakukan teguran terhadap pelanggar protokol kesehatan sebanyak 36.120 teguran

“Saya berharap dalam pelaksanaan operasi zebra rinjani tahun ini, agar jajaran lalu lintas dapat meningkatkan kinerjanya terutama yang berkaitan dengan penanganan covid-19 dan kamseltibcarlantas, sesuai sasaran operasi dan target operasi, minimalisir potensi penyebaran covid-19 dan pelanggaran serta laka dengan program kerja yang inovatif. Ajak seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk terlibat sehingga hasilnya diharapkan lebih maksimal,” harapannya.

Perlu diketahui dalam kegiatan apel OPS zebra rinjani 2021 hadir Sekda Sumbawa Barat Amar Nurmansyah, ST, M.Si. Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sumbawa Barat Abidin Nasar,SP.MP. Kepala BNNK Kab. Sumbawa Barat AKBP Ceppy Ahmad Hidayat, S.Ag.Waka Polres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin,S.Sos.Kabag SDM Polres Sumbawa Barat Kompol Ibrahim.Kabag Ops Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugianto,SH. Kabag Logistik Polres Sumbawa Barat AKP Arman Wijaya.Danki Brimob Kompi 2 Yon B Pelopor AKP Bambang Martha Radityana, S.I.K.Pasi Intelijen Kejari Sumbawa Barat I Nengah Ardika, SH., MH.Pasi Intel Kodim 1628 SB Letda Inf Zulkifli. Kadis Damkar Drs. Hamzah. Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Sumbawa Barat Abdurrahman S.Ip,M.Si. Para Kasat,Para perwira dan peserta apel yang berjumlah sekitar 100 orang. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *