Berempuk Di Sumbawa Barat, Momen Lestarikan Budaya Tana Samawa

Berempuk Di Sumbawa Barat, Momen Lestarikan Budaya Tana Samawa

Share and Enjoy !

Lintas NTB, Sumbawa Barat – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melaksanakan kegiatan Berempuk dalam rangka memperingati HUT ke-18 KSB, di lapangan GOR Lalu Magaparang Kelurahan Telaga Bugis, Sabtu, (4/12).

Berempuk adalah perkelahian tangan kosong adu kuat satu lawan satu yang dulunya dilakukan oleh para petani setelah melaksanakan tanam panen padi. Budaya tana Samawa ini kemudian terus dilestarikan hingga saat ini khususnya di KSB.

“Budaya seperti ini harus dilestarikan kepada generasi muda kita,” ujar Sekertaris Daerah KSB, Amar Nurmansyah saat membuka secara resmi acara tersebut.

Ia mengingatkan, bahwa budaya ini adalah permainan menghibur diri, bukan ajang untuk mencari musuh atau memancing emosi. “Semoga kegiatan ini dapat mempersatukan kita, setelah kegiatan ini jangan ada yang saling bermusuhan,” katanya.

Agar acara berjalan lancar dan keamanan tetap terjaga, Polres Sumbawa Barat menerjunkan personilnya untuk menjaga keamanan di lokasi pertandingan berempuk.

Kabag Ops Polres Sumbawa Barat, melalui Kasi Humas IPDA Eddy Soebandi S.Sos di Taliwang, Minggu mengatakan, Alhamdulillah kegiatan berjalan baik dan lancar tanpa kendala apapun.

“Kami menerjunkan personil di sejumlah titik di lokasi pertandingan agar keamanan terjaga dengan baik,” katanya.

Pada tahun sebelumnya, kegiatan Berempuk yang diadakan di Taliwang berakhir keributan, oleh karena hal tersebut pada tahun ini pengamanan harus benar-benar ketat. “Untuk alasan keamanan, kami juga membatasi orang yang masuk ke area pertandingan, kecuali panitia, petarung dan tamu VIP,” katanya.

Di lokasi yang sama, Ketua Panitia Berempuk, Wirawansyah S. AP mengatakan bahwa, Berampok Ano Rawi adalah pemersatu adat Samawa yang membuktikan bahwa semua punya sikap dan jiwa kesatria.

“Alhamdulillah kali ini kita kedatangan tamu dari Ano Siup dari Kabupaten Sumbawa. Semoga ke depan kita terus menjadi tuan rumah yang baik dan mengharumkan nama KSB,” katanya.

Ia juga mengingatkan bahwa ini bukan ajang menumpahkan emosi, tetapi untuk mempererat silaturahmi. Terimakasih kepada semua pihak yang mendukung acara Berempuk ini,” tandasnya. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *