466 Barang Bukti Pidum Dimusnahkan Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

466 Barang Bukti Pidum Dimusnahkan Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat

Share and Enjoy !

Lintas NTB, Sumbawa Barat – Kejaksaan Negeri Kabupaten Sumbawa Barat, Senin, (6/12) melakukan pemusnahan barang bukti yang telah berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

“Kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut, merupakan perkara tindak pidana umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat Tahun 2021 ini,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat melalui Kasi Intelijennya I Nengah Ardikayaksa, SH., MH.

Ia mengatakan bahwa, perkara tindak pidana umum yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat telah berkekuatan hukum tetap sejak Januari 2021 sampai November 2021 yaitu sebanyak 115 perkara pidana umum, dari 115 perkara tindak pidana tersebut 56 perkara tindak pidana umum yang barang buktinya di rampas untuk dimusnahkan.

Sedangkan untuk 59 perkara barang bukti lain, dikembalikan kepada pemilik barang bukti yang sah, sesuai dengan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

“Barang bukti yang akan kami musnahkan sebanyak 466 barang bukti terdiri dari barang bukti berupa narkotika jenis shabu 24 perkara, sehingga total keseluruhan barang bukti yang akan dimusnahkan sebanyak 155 barang bukti,” kata Nengah.

Sedangkan jumlah keseluruhan shabu 11. 34 gram, dengan harga kisaran sebesar 17 Juta sampai dengan 20 juta rupiah. 1 perkara mengedarkan obat berupa tramadol tanpa Ijin. BB tramadol sebanyak 46 butir obat Tramadol.

Dia juga menjelaskan, perkara Ketertiban Umum (EKU) yaitu sebanyak 16 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap dan jumlah barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 123 barang bukti.

“Perkara (EOH) Orang dan Harta Benda yaitu sebanyak 15 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap dan jumlah barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 44 barang bukti,” jelasnya.

Ia menceritakan, metode pemusnahan barang bukti yang akan dilaksanakan yaitu dengan membakar, merusak atau menghancurkan menggunakan alat pemotong serta perusak, sesuai dengan jenis barang bukti yang akan dimusnahkan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kajari Sumbawa Barat Suseno, SH., MH, Kapolres Sumbawa Barat AKBP. Heru Muslimin, S. Ik., M. IP, Kepala BNN Sumbawa Barat, Kaban Kesbangpol yang mewakili Bupati Sumbawa Barat, Kadis Kesehatan Sumbawa Barat, Pasi Intel kodim, Kasi BB dan RB, Kasi Pidum, Kasubagbin, para jaksa dan seluruh pegawai Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat. (LNG05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *