Semua Ada Di KSB Mall

Semua Ada Di KSB Mall

Share and Enjoy !

Oleh : Ibrahim, S. IP

Kreatifitas Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sumbawa Barat tergambar di KSB Mall, semua ada, dari kopi lokal, abon ikan, hingga hasil kerajinan tangan dan oleh-oleh khas yang dapat memanjakan wisatawan bila berkunjung. KSB Mall tersebut terletak di jantung kota Taliwang, tepatnya di Jalan Undru Lingkungan Kuang Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.

Produk unggulan yang dapat dinikmati oleh masyarakat lokal dan pengujung, sudah siap tersaji di sana. Mitra KSB Mall yang sudah memasukkan produknya sekitar 130 industri kecil menengah (IKM), dengan jumlah produk 230 jenis. Produk-produk itu menjadi dua kali lipat, karena perIKM ada yang memiliki lebih dari satu jenis produk. Jenis produk UMKM KSB 80 persen masih di dominasi oleh kuliner. Untuk jenis produk kuliner ada aneka olahan kopi, aneka abon ikan, ayam, sapi. Aneka keripik tahu, tempe, cemilan bahan tepung, permen susu, madu, aneka minyak Sumbawa, rajutan, handy craft dan aneka minuman segar, burger, nasi dan lainnya.

Ditemui di lokasi pembuatan produk olahan kuliner yang gemar dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat yaitu Bakso Emak Seteluk, bakso ini lokasinya strategis terletak di Desa Seteluk Tengah, Kecamatan Seteluk, KSB.

“Kami menawarkan berbagai jenis bakso, seperti bakso beranak cabe 20k, bakso beranak biasa 20k, bakso tulang komplit 20k, bakso keju Mozarella 20k dan bakso tulang biasa 15k,” ungkap Zakiah owner dan pemilik bakso emak Seteluk, Jumat, (3/12/2021).

Produk-produk UMKM KSB yang berada di KSB Mall

Dia menceritakan, pengalamannya yang sempat naik turun dalam berbisnis kuliner, begitu sulit dalam memulai bisnis, kami harus meminjam berbagai modal untuk mengawali usaha ini. Sempat kami terjatuh dah alhamdulillah bisa bangkit lagi berkat dukungan keluarga dan teman terdekat yang selalu mensupporting.

“Kami sempat terpuruk dan berusaha bangkit lagi, kami tetap semangat kembali berkat doa dan dukungan keluarga, akhirnya sampai hari ini usaha kami tetap lancar,” pungkasnya.

Setelah bergeser dari bakso, saya ke Desa Tapir Kecamatan Seteluk untuk melihat bagaimana pembuatan permen susu yang dilakukan oleh ibu Peti Puspita Sari dengan satu karyawannya. Cerita dari ibu petty hampir sama dengan owner bakso, dia juga sudah pontang panting kesulitan mencari modal usaha.

“Syukurnya masih ada orang baik yang membantu saya dalam berjuang membesarkan usaha permen susu ini, dibantu juga oleh keluarga terdekat, sehingga semangat pantang menyerah selalu saya tanamkan dalam hati agar tidak mengalah menghadapi persaingan bisnis yang semakin sulit kedepannya.

Keesokan harinya, Sabtu, (4/12/2021) diriku berangkat ke lingkungan Bugis B RT 04 RW 02 Kelurahan Bugis Kecamatan Taliwang, KSB mengunjungi produsen Virgin Coconut/ cap Lala. Produk VCO merupakan produk minyak kelapa murni yang terbuat dari kelapa segar murni tanpa bahan tambahan. Diolah tanpa menggunakan pemanasan/ tanpa api, sehingga produk VCO cap Lalat tetap berkualitas dan terjamin kemurniannya.

Produk VCO cap Lala di produksi oleh UD. PRATAMA dilengkapi dengan perijinannya, P-IRT nomor 20552071150270-24 dan ketetapan halal dar LPPOM MUI nomor 00080111071220. “Produk VCO cap lala kemasan 100 ml, merupakan produk lokal dan dibuat di KSB, produk lokal ini sudah masuk di ritel modern (Alfamart dan Indomaret),” kata Khairuddin Enk kemarin.

Produk kuliner ini bisa dengan mudah didapatkan, karena lokasinya berada di tempat-tempat yang strategis. Termasuk bakso emak seteluk, Vco Lala, Spicy Booster, Abon Syarifah Kembar, Permen Susu Tapir Baroroqah dan Kopi Rarak. Selain itu masih banyak lagi olahan kuliner yang menggoda lidah pengunjung bila berkunjung ke tempat-tempat produk kuliner KSB Mall. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *