Ditpolairud Polda NTB Gagalkan Penyelundupan Karang Hias Yang Dilindungi

Ditpolairud Polda NTB Gagalkan Penyelundupan Karang Hias Yang Dilindungi

Share and Enjoy !

Lintas NTB, Mataram – Pelaku penyelundupan karang hias berinisial MMR berhasil ditangkap Dir Pol Air Polda NTB saat hendak menyelundupkan karang hias yang akan di bawa ke luar daerah pada hari selasa 4 Januari 2022 di jalan lintas Pelabuhan Lembar Lombok Barat.

Diketahui dari barang bukti yang sudah diamankan jenis karang hias dimaksud bermacam-macam ada Blue Coral, Acropora Cervicornis, Acropora Humilis dan lain sebagainya.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si pada (Kamis,13/01/22) memaparkan pelaku pengangkutan karang hias tidak memiliki perizinan yang seharusnya berupa sertifikat kesehatan ikan dan produk perikanan domestik yang dikeluarkan dari balai karantina ikan.

“Dir Pol. Air menemukan pengangkutan karang ikan (karang hias) menggunakan kendaraan bak terbuka atau L300, saat dilakukan penangkapan dan pemeriksaan ditemukan +-692 pics karang hias tanpa dilengkapi surat-surat yang harus dipenuhi,” Papar Kabidhum Polda NTB

“Kegiatan tersebut melanggar pasal 88 Jto pasal 35 UU RI no 21 tahun 2019 Tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan dengan ancama pidana penjara 2 tahun dan denda paling banyak sebesar 2 Milyar,” Lanjut Artanto sapaan akrab kabidhum

Diketahui pelaku tidak dilakukan penahanan karena ancaman hukuman dibawah 5 tahun, akan tetapi proses hukum akan terus berjalan serta masih akan melakukan pemanggilan terhadap beberap orang lagi yang terlibat dalam kasus tersebut.

Sementara itu Dir POLAIRUD Polda NTB Kombes Pol. Kobul Syahrin Ritonga, S.I.K.,M.Si, mengungkapkan bahwa keterangan sementara pelaku ini menerima karang hias tersebut dari nelayan yang kemudian dkumpulkan oleh pelaku setelah itu akan dibawa ke Bali dan ditampung selanjutnya dilakukan peremajaan kembali untuk kemudian di ekspor.

“Ini akan menjadi atensi kita kedepannya lagi, kita akan lebih intensif dalam rangka upaya proteksi  terhadap pelaku-pelaku pemotong  karang hias ini karena karang ini merupakan tempat tinggal ikan sehingga jika drusak ikan-ikan yang disana tidak akan bisa berkembang biak ditempat tersebut” Papar Dir Pol Air Polda NTB

“Untuk koordinatnya (karang hias) biasanya ada di wilayah perairan sumbawa tapi untuk lebih pastinya penyidik kami masih mencari fakta sebenarnya koordinatnya ada dimana, sehingga kita bisa menentukan apakah wilayah tersebut merupakan wilayah laut yang dilindungi atau taman laut yang dilindungi atau bukaan akan tetapi bagimanapun ini tetap tindak pidana yang harus di tindaklanjuti” pungkas Dir Pol Air. (Red/Pian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *